Ketaatan Ulil Amri Qs An-Nisa 59 An-Nur 54 Muhamad 33 Pendidikan Islam

Ikat Sutriani(1*), Faqihuddin Akbar Muallim(2), Muhammad Akmansyah(3), A Fathoni(4), Amirudin Amirudin(5)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(4) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(5) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menelaah konsep yang terkandung dalam pendidikan Islam berdasarkan QS. An-Nisa 59, QS. An-Nur 54, dan QS. Muhammad 33, serta relevansinya terhadap pengembangan karakter moral dan spiritual peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi pustaka untuk memahami makna ayat-ayat tersebut dan menerapkannya dalam praktik pendidikan Islam kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepatuhan kepada Allah, Rasul, dan ulil amri (pemegang otoritas) bersifat bersyarat, berlaku hanya jika perintah sesuai dengan syariat dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Pendidikan Islam tidak hanya mengembangkan aspek intelektual, tetapi juga membentuk dimensi moral, spiritual, dan sosial yang berlandaskan nilai-nilai wahyu. Penelitian ini menegaskan urgensi penguatan pendidikan karakter berbasis nilai Islam untuk menghadapi tantangan global tanpa kehilangan identitas keislaman. Selain itu, keberadaan fondasi menjadi penting bagi kedamaian sosial dan pengembangan individu Muslim secara utuh. Kajian ini berkontribusi pada pengembangan model pendidikan Islam yang komprehensif dan kontekstual di Indonesia, mengintegrasikan nilai-nilai normatif agama dengan strategi pedagogis yang efektif untuk melahirkan generasi beriman, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi dinamika zaman dengan kesadaran spiritual dan moral yang kuat.


Keywords


Pendidikan Islam, Kepatuhan, Karakter Moral dan spiritual

Full Text:

PDF

References


A, Nurdin. “Konsep Ketaatan Dan Tanggung Jawab Spiritual Dalam Al-Qur’an.” Tafsir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 2 (2022): 201–215. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/tafsir.v4i2.10398.

Al-Munawar. “Tafsir Kontekstual Atas Ayat-Ayat Sosial Dalam Al-Qur’an.” Jakarta: Prenadamedia Group, 2020.

Al-Munawwar. “Ketaatan Terhadap Ulil Amri Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an.” Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (2021): 145–158. https://doi.org/10.24090/jsk.v9i2.

Fadli, M. “Implementasi Nilai Ketuhanan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 7, no. 1 (2022): 12–23.

Hidayat, R., and M Fadli. “Pendidikan Karakter Islami Berbasis Keikhlasan Dan Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Islam Rabbani 5, no. 1 (2020): 23–34.

Humaeroh, Siti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa” 03, no. 03 (2021): 216–22. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/381/281.

“Ibn Katsir, Tafsīr Al-Qur’an Al-‘Azim, Juz 6.” Riyadh: Dar Ṭayyibah, 2000, 47.

Kurdi, Sulaiman, Jumratul Mubibah, and Ummul Faizah. “Konsep Taat Kepada Pemimpin (Ulil Amri) Di Dalam Surah an-Nisa: 59, Al-Anfal: 46 Dan Al-Maidah: 48-49 (Analisis Tafsir Tafsir Al-Qurthubi, Al-Mishbah, Dan Ibnu Katsir).” Journal Of Islamic And Law Studies 1, no. 1 (2017).

M, Mulyadi. “Konsep Ketaatan Dalam Al-Qur’an: Analisis Tematik QS. An-Nur Ayat 54.” Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan 11, no. 2 (2020): 145–158. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jsip.v11i2.5734.

M, Rahman. “Konsep Ketaatan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat 14, no. 1 (2022): 55–70.

Rahman, M. “Konsep Ketaatan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat 14, no. 1 (2022): 55–70.

Rahman, M., and & Yusuf H. “Nilai Ketaatan Dalam Pendidikan Islam: Analisis Terhadap QS. An-Nisa: 59.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 25–38.

Sahara, Indah Rama, Tiffani Asnita Putri, and Panyahatan Rasoki Siregar. “Tafsir Ayat Al-Quran Sebagai Pendidik” 1, no. 4 (2024): 260–70. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v1i4.381.

Sari, N., and & Baharuddin R. “Konsep Kepemimpinan Dan Ketaatan Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbawi: Kajian Ilmu Pendidikan Islam 18, no. 1 (2023): 41–55.

Shohib, M. “Al-Qur’an Surah Muhammad Ayat 33,” in Al-Qur’an Dan Terjemahnya Special For Women,” 2007, 510.

Shohib, Muhammad. “Al-Qur’an Surah An-Nisa Ayat 59.” In Al-Qur’an Dan Terjemahnya Special For Women, 87, 2007.

———. “Al-Qur’an Surah An-Nur Ayat 54,” in Al-Qur’an Dan Terjemahnya Special For Women,” 357, 2007.

Srifariyati, Afsya Septa Nugraha. “PRINSIP KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF QS. AN-NISA: 58-59.” Madaniyah, Jurnal Kepemimpinan, Prinsip 9, no. 1 (2019): 58–59.

Trisakti, and Budi. “Hidayah Allah: Mencari, Memilih, Dan Mempertahankannya.” Marja, 2024.

Yanti, Novia, and and Nursyamsi Nursyamsi. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Mengenai UU NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan PP NO. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan.” Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman 10, no. 1 (2020): 139–70.

Yusri, Nadia, and Et Al. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2024): 12. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v11i2.17713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ikat Sutriani, Faqihuddin Akbar Muallim, Muhammad Akmansyah, A Fathoni, Amirudin Amirudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.