FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB MEREK RABBANI PADA CV. RABBANI ASYSA CABANG PADANGSIDIMPUAN

Aswadi Lubis* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Rodame Monitorir Napitupulu -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Rosnita Fitri -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

DOI : 10.24952/masharif.v5i2.1437

Hijab merupakan salah satu kebutuhan pokok sandang kaum muslimah. CV. Rabbani Asysa merupakan salah satu produsen hijab Indonesia dan merupakan merek yang terkenal secara nasional. Pada tahun 2015, hijab merek Rabbani merupakan peraih topbrand award yang menduduki urutan pertama namun pada tahun berikutnya 2016 dan 2017, mengalami penurunan dan berada di posisi kedua. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab Rabbani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas dan merek terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan secara parsial dan simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang harga, kualitas, merek dan teori keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan observasi. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat/ konsumen dari hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan untuk metode penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat Gay dan Airasian dalam Umar (2013). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 23. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,185 > 1,989), kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,571 > 1,989), dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (10,953 > 1,989). Secara simultan harga, kualitas dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan yakni thitung > ttabel (85,141 > 2,72). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa 75% harga, kualitas dan merek memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan, sedangkan 25% lagi dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Keywords
Harga, Kualitas, Merek dan Keputusan Pembelian
  1. Agus Irianto, Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Kencana, 2004.
  2. Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bogor: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2007.
  3. Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi 4, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.
  4. Hartono, Statistik: Untuk Penelitian, Jakarta: LSFK2P, 2004.
  5. Leon Sciffman dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen Edisi Ke–7, diterjemahkan dari “Consumer Behaviour” oleh Zoelkifli Kasip, Jakarta: Indeks, 2007.
  6. Mudrajat Kuncoro, Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi : Bagaimana Meneliti Dan Menulis Tesis, Jakarta: Erlangga, 2003.
  7. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran diterjemahkan dari “Marketing Management” oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga, 2008.
  8. Rosady Ruslan, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah, Bandung: Alfabeta, 2012.
  9. Setiawan dan Kusrini, Endah, Dwi. 2010. Ekonometrika, Yogyakarta : Andi.
  10. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2002.
  11. Sugiono dan Susanto, Agus. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel Teori Dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-06-11
Published: 2017-12-27
Section: Articles
Article Statistics: 374 486