PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,727 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,507 atau 50,7 % menunjukkan variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai thitung>ttabel(5,111 > 1,663). Variabel harga ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,670 > 1,663). Variabel promosi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,755 > 1,663). Variabel atribut produk ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (4,552 > 1,663). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Sucipto, Studi Kelayakan Bisnis Analisis Integratif dan Studi Kaus, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Duwi Priyatno, Pengolahan Data Terpraktis, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2013.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, Cet 1, 1997.
Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Rajawali, 2013.
, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Putaka Utama, 2005.
Leon Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks, 2008.
Melanie Sadono Djamil, Panduan Lengkap Kesehatan Gigi Keluarga, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.
M. Suyanto, Marketing Strategi Top Brand Indonesia, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2007.
M. Fuad, dkk., Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Mahmud Machfoed, Pengantar Bisnis Modren, Yogyakarta: Andi, 2007.
Nasution. N. M, Manajemen Mutu Terpadu, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2010.
Nugroho J. Setiadi, Aplikasi Teori Ekonomi dan Pengambilan keputusan Manajerial dalm Dunia Bisnis, Jakarta; Prenada Media Group, 2008
Novemy Triyandari Nugroho, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pemebelian Air Mineral Kemasan”, dalam JurnalSTIMK Duta Bangsa Surakarta, Volume 8, No. 1, April 2015.
Philip Kotler dan Kevin Lane keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-12 Jilid 1, Jakarta: PT. Indeks, 2007.
Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Su’dan , R. H, Al-Qur’an dan Panduan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 1997.
Setiawan dan Dwi Endah kusrini, Ekonometrika, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.
Sugiono dan Susanto, Agus. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel Teori Dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & DBandung: Alvabeta, 2013.
Suryana, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat, 2013.
Ujang Sumarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cet 1, Edisi 2, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011.
DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v5i2.1438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL-ALMASHARIF: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Plagiarism Checked by: