Determinan Keputusan Konsumen Membeli Kosmetik Bersertifikasi Halal
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, iklan, serta label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Desa Alasdowo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna kosmetik di Desa Alasdowo yang jumlahnya tidak terhitung sehingga jumlah populasinya tidak terbatas. Sampel yang digunakan ditentukan dengan metode Non-Probability Sampling sampling yaitu dengan menggunakan teknik Sampling Insidentalsejumlah 100 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda, dengan bantuan program olah data SPSS.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image, iklan, serta label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu. Variabel label halal merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, Komang Ardi Ary Wibawa, Dkk, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 2016.
Aisyah, Muniaty,Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mi Instan Indofood, Jurnal Ekonomi, Vol. 6, No. 2, 2007
Ambarwati, M., Sunarti, dan Mukhammad, K.M, Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent), Jurnal Adminstrasi Bisnis, Vol. 25. No. 1. edisi Agustus, 2015.
Arista, E. Desi dan Sri Rahayu Triastuti “Analsis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen”, Asset Vol. 13 No. 1, 2011
Effendi, Usman,Psikologi Konsumen, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2016
Gustian H, Eri dan Sujana., Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello), Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 1 No. 2, 2013.
Kotler, Philip,& Kevin Lane K, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, 2009
Moriarty, Sandra, Dkk, Advertising, Kencana, Jakarta, 2011,
Noerchoidah, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki, Jurnal WIGA Vol.3 No. 1, 2013
Nuraini, Alfia Dan Ida Maftukhah, Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang, Management Analysis Journal 4 (2), Universitas Negeri Semarang, 2015.
Priyatno, Duwi,Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS, PT Buku Seru, Jakarta, 2010,
Rahmawati, Vivi, Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Semarang, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. 2014
Setyawan, Aris Prima Sandi, Marsudi, dan Dedy Rahmawanto, Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.1 No.02, Oktober 2011
Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto, Dasar-Dasar Public Relation, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012, hlm.111-112
Station, William J. & Y. Lamarto, Prinsip Pemasaran, Ed. 7, Erlangga, Jakarta, 1984,
Sugiyono, Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2016.
Sunyoto, Danang,Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), CAPS, Yogyakarta, 2013.
Susanto & Himawan Wijarnako, Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Mizan Publika, Jakarta, 2004, Hlm. 2
Suyanto, Marketing Strategy, Andi, Yogyakarta, 2007.
Tjahjaningsih, Endang dan Maurine Yuliani, Analisis Kualitas Produk dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia, TEMA, Vol. 6, Ed. 2, 2009
Tjiptono, Fandy, Managemen Dan Strategi, Andi, Yogyakarta, 2005. hlm. 21
Wiratna Sujarweni,V.,Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Pustaka Baru, Yogyakarta, 2015.
Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia,Tersedia : http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/56/1362/page/1 (15 April 2018)
Topbrand index, tersedia : http://www.topbrand-award.com/ (27 Juni 2018)
Wahyono,Budi,Pengertian Brand Image (Citra Merek), 2012, Tersedia : http//www.pendidikanekonomi.com/2012/11/pengertian-brand-image.html?m=1 (25 Mei 2018)
Yang terbaru tentang Plasenta, 2008. Tersedia: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/info-halal/08/12/17/20905-yang-terbaru-tentang-plasenta, (8 Juni 2018)
DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Plagiarism Checked by: