Determinan Keputusan Konsumen Membeli Kosmetik Bersertifikasi Halal

Umi Hanifah (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
Tukhfatul Laili (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)

Abstract


AbstractThis study aims to determine the effect of brand image, advertising, and halal labels on purchasing decisions for cosmetic products in Alasdowo Village. The population in this study is consumers of cosmetics users in Alasdowo village whose numbers are not counted so that the population is not limited. The sample used is determined by the Non-Probability Sampling sampling method that is by using the incidental sampling technique of 100 respondents. The type of data in this research is quantitative data. Data were collected by questionnaire method, then analyzed by multiple linear regression, with the help of the SPSS data processing program. Based on the results of the study showed that there was a positive and significant influence between brand image, advertising, and halal labels on purchasing decisions of Sariayu cosmetic products. Halal label variable is a variable that has a dominant influence on purchasing decisions for Sariayu cosmetic products. 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, iklan, serta label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Desa Alasdowo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna kosmetik di Desa Alasdowo yang jumlahnya tidak terhitung sehingga jumlah populasinya tidak terbatas. Sampel yang digunakan ditentukan dengan metode Non-Probability Sampling sampling yaitu dengan menggunakan teknik Sampling Insidentalsejumlah 100 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda, dengan bantuan program olah data SPSS.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image, iklan, serta label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu. Variabel label halal merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu.


Keywords


purchasing decision, brand image, advertisement, halal label

Full Text:

PDF

References


Agus, Komang Ardi Ary Wibawa, Dkk, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 2016.

Aisyah, Muniaty,Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mi Instan Indofood, Jurnal Ekonomi, Vol. 6, No. 2, 2007

Ambarwati, M., Sunarti, dan Mukhammad, K.M, Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent), Jurnal Adminstrasi Bisnis, Vol. 25. No. 1. edisi Agustus, 2015.

Arista, E. Desi dan Sri Rahayu Triastuti “Analsis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen”, Asset Vol. 13 No. 1, 2011

Effendi, Usman,Psikologi Konsumen, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2016

Gustian H, Eri dan Sujana., Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello), Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 1 No. 2, 2013.

Kotler, Philip,& Kevin Lane K, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, 2009

Moriarty, Sandra, Dkk, Advertising, Kencana, Jakarta, 2011,

Noerchoidah, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki, Jurnal WIGA Vol.3 No. 1, 2013

Nuraini, Alfia Dan Ida Maftukhah, Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang, Management Analysis Journal 4 (2), Universitas Negeri Semarang, 2015.

Priyatno, Duwi,Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS, PT Buku Seru, Jakarta, 2010,

Rahmawati, Vivi, Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Semarang, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. 2014

Setyawan, Aris Prima Sandi, Marsudi, dan Dedy Rahmawanto, Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.1 No.02, Oktober 2011

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto, Dasar-Dasar Public Relation, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012, hlm.111-112

Station, William J. & Y. Lamarto, Prinsip Pemasaran, Ed. 7, Erlangga, Jakarta, 1984,

Sugiyono, Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2016.

Sunyoto, Danang,Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), CAPS, Yogyakarta, 2013.

Susanto & Himawan Wijarnako, Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Mizan Publika, Jakarta, 2004, Hlm. 2

Suyanto, Marketing Strategy, Andi, Yogyakarta, 2007.

Tjahjaningsih, Endang dan Maurine Yuliani, Analisis Kualitas Produk dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia, TEMA, Vol. 6, Ed. 2, 2009

Tjiptono, Fandy, Managemen Dan Strategi, Andi, Yogyakarta, 2005. hlm. 21

Wiratna Sujarweni,V.,Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Pustaka Baru, Yogyakarta, 2015.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia,Tersedia : http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/56/1362/page/1 (15 April 2018)

Topbrand index, tersedia : http://www.topbrand-award.com/ (27 Juni 2018)

Wahyono,Budi,Pengertian Brand Image (Citra Merek), 2012, Tersedia : http//www.pendidikanekonomi.com/2012/11/pengertian-brand-image.html?m=1 (25 Mei 2018)

Yang terbaru tentang Plasenta, 2008. Tersedia: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/info-halal/08/12/17/20905-yang-terbaru-tentang-plasenta, (8 Juni 2018)




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: