Identification Of Determining Factors Of Community Decisions In Selecting Sharia And Conventional Banks

Nofinawati Nofinawati* -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Jumi Atika -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia

DOI : 10.24952/masharif.v8i1.2588

Abstract

 

The people of North Sumatra Province, especially the South Tapanuli region which are diverse in terms of their religion, there are Muslims, Christians and other religions. However, religious factors or perceptions that are only based on religious reasons do not necessarily affect people's behavior towards decisions about using this type of banking service. Seeing the many factors that determine customer decisions in using banking services. The type of research is a quantitative field research. The marketing mix variable partially cannot be used as a determining factor for community decisions in choosing Sharia and conventional banks in North Sumatra Province. While motivation and perception variables can be partially used as a determining factor for community decisions in choosing Sharia and Conventional Then, the motivation, perception and marketing mix variables can simultaneously be used as a determining factor for community decisions in choosing Sharia and Conventional Banks in North Sumatra Province.

 

Abstrack 

Masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya wilayah Tapanuli Selatan memiliki agama yang beragam, ada Muslim, Kristen dan agama lain. Namun, faktor atau persepsi keagamaan yang hanya didasarkan pada alasan keagamaan tidak serta merta mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap keputusan tentang penggunaan jenis layanan perbankan. Melihat banyak faktor yang menentukan keputusan pelanggan dalam menggunakan layanan perbankan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Variabel bauran pemasaran secara parsial tidak dapat digunakan sebagai faktor penentu bagi keputusan masyarakat dalam memilih Syariah dan bank konvensional di Provinsi Sumatera Utara. Sementara variabel motivasi dan persepsi sebagian dapat digunakan sebagai faktor penentu untuk keputusan masyarakat dalam memilih Syariah dan Konvensional Kemudian, variabel motivasi, persepsi dan bauran pemasaran secara bersamaan dapat digunakan sebagai faktor penentu untuk keputusan.

Keywords
marketing mix, motivation, perception,
  1. Agni S. Mayangsari, Hearty Service Service Itu Disini, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.
  2. Amini, “Perilaku Organisasi”, Bandung: Citapustaka Media, 2004.
  3. Andry Herawati dan Liling Listyawati, Identifikasi Faktor-Taktor Penentu Keputusan Nasabah Muslim Dan Non Muslim Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kota Surabaya”
  4. Budi Utami, “Perbandingan Penentu Keputusan Pemilihan Perbankan (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Dan Bank Rakyat Indonesia Konvensional)”
  5. Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta: Caps, 2014
  6. Dwi Suwiknyo, Kamus Lengkap Ekonomi Islam, Yogyakarta: Total Media, 2009
  7. Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, “Perilaku Konsumen”, Yogyakarta: Andi Offiset, 2013
  8. George R. Terry dan Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemen, diterjemahkan dari “Principles of Management” oleh Ticoalu, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1992.
  9. Harif Amali Rivai dkk, Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan:Bank Syariah Vs Bank Konvensional, Jurnal Penelitian, Kerjasama Bank Indonesia dan Center for Banking Research Universitas Andalas.
  10. Hesti Maya Sari dkk., “Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 8 Nomor 2 tahun 2017.
  11. Ismail,“Perbankan Syariah” Jakarta: Prenadamedia Group, 2011
  12. Juliansyah Noor, “Metodologi Penelitian”Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
  13. Mudrajat Kuncoro, “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi”, Jakarta: Erlangga, 2009
  14. Muhammad Syafi’I Antonio, “Bank Syariah dari Teori ke Praktik”, Jakarta : Gema Insani Press, 2001
  15. Richard L. Daft, “Manajemen, diterjemahkan dari “Management” oleh Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina,Jakarta: Salemba Empat, 2003
  16. Setiadi, Perilaku Konsumen; Perspekrif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan KeinginanKonsumen:edisirevisi, Jakarta:prenadamediaGroup
  17. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
  18. Ujang Sumarwan, “Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran”, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011
  19. www.ojk.go.id, “Statistik Perbankan Syariah dan Statistik Perbankan Indonesia”, Desember 2017

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-07-10
Published: 2020-06-29
Section: Articles
Article Statistics: 203 169