APLIKASI FORECASTING DALAM MENGESTIMASI PENJUALAN PRODUK DI MASA MENDATANG

Muhammad Isa* -  , Indonesia

DOI : 10.24952/masharif.v3i2.840

Forecasting is the effort to predict what will be happen in the future. Forecasting
also applied to estimate the selling volume of our product. There are many types
of forecasting methods. One of them is “trend method”. This type is easy and
practise to used. It began with finding the trend equations (linier, parabolic, and
exponential)then examine the trend equations to know their error levels. The
trend equation with minimum error is the best formula to predict the selling
volume of our product in the future.

Keywords
Forecasting, Penjualan, Masa Depan
  1. Adler Haymans Manurung, Teknik Peramalan Bisnis dan Ekonomi ,Jakarta: PT. Rineka
  2. Cipta, 1990.
  3. Basu Swastha DH. dan Ibnu Sukotjo W., Pengantar Bisnis Modern ,Yogyakarta: Liberty,
  4. Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung: CV. Penerbit
  5. Diponegoro,1991), hlm. 478
  6. Hendra Kusuma, Perencanaan dan Pengendalian Produksi ,Yogyakarta: Andi, 2002.
  7. Indriyo Gitosudarmo, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Produksi ,Yogyakarta: BPFE,
  8. John E. Biegel, Pengendalian Produksi: Suatu Pendekatan Kuantitatif, Diterjemahkan dari
  9. “Production
  10. Control : A Quantitative Approach” oleh Cornel Naibaho ,Jakarta: CV.
  11. Akademika Pressindo,
  12. J. Supranto, Metode Ramalan Kuantitatif: Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis
  13. ,Jakarta: PT. Rineka
  14. Cipta, 1993.
  15. Maringan Masry Simbolon, Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen ,Jakarta: Ghalia
  16. Indonesia, 2004.
  17. Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan ,Bandung:
  18. Pustaka Setia,
  19. Okti Sudra Wibawa, “Perencanaan Produksi Agregat Produk Bufet di CV. Setia Perabot”
  20. (Skripsi, Jurusan
  21. Teknik Industri UISU Medan, 2004), hlm. V.10-V.20.
  22. Stewart H. Rewoldt, Perencanaan dan Strategi Pemasaran, Diterjemahkan dari
  23. “Introduction to
  24. Marketing Management” oleh A. Hasymi Ali, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
  25. T. Hani Handoko, Dasar-dasar Manajemen Produksi ,Yogyakarta: BPFE,2012.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-07-23
Published: 2015-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 369 1742