STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN

BUDI GAUTAMA SIREGAR* -  Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Isla IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
The research problem is how the Bank  Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan create clean strategy in increasing the number of customers. while the goal is to figure out the strategy and the efforts made by the Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan in increasing the number of customers. This study was descriptive qualitative research subjects is a common part of employees, bank customers Sharia Branch Padangsidimpuan North Sumatra. While data collection techniques are interviews, observation and documentation. The results of this study showed that the strategy of the Bank of North Sumatra Sharia Branch Padangsidimpuan in creating a competitive advantage in an effort to increase the number of customers is to adopt a strategy of focus, such as with the results of the financing which is cheaper than the banks of other Islamic or conventional banks, implementing network systems online so ease of service to customers and provide operational vehicles through mobile branch that services performed by meet the customers directly

Keywords : Competitive Strategy, Customer Number, Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

  1. ustinus Sri Wahyudi, 1996, Manajemen Strategik Pengantar Proses Berpikir Strategik, Binarupa Aksara, Jakarta
  2. Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta, Rineka Cipta, 2011
  3. Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press, 2001
  4. Crown Dirgantoro, Manajemen Strategis, Jakarta: PT. Grasindo, 2001
  5. David Hunger & Thomas Wheelen, Manajemen Strategis (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003
  6. Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
  7. David, Fred R. (2004), Konsep Manajemen Strategis , PT. Indeks, Jakarta
  8. Enni Khusiyawati, Strategi Pemasaran BMT Mitra Usaha Tani, (STIS Yogyakarta: Skripsi tidak dipublikasikan, 2001
  9. Erma Khanifa, Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Membeli Kartu Pra Bayar Indosat oleh Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang, Skripsi tidak dipublikasikan, Semarang: IAIN Walisongo, 2011
  10. Hariwijaya dan Bisri Djaelani, Teknik Menulis Skripsi dan Thesis, Yogyakarta: Zenith Publisher, 2004
  11. Husein Umar, Strategik Manajemen In Action, (Jakarta: PT. Gramedia Pustakatama, 2003)
  12. http:www.ekonomisyariah.org akses pada hari kamis, 17 September 2015
  13. Hasil wawancara dengan Ibu Maysaroh sebagai nasalah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, Jum’at, 26 September 2015 pukul 09.10 Wib
  14. Hasil Wawancara dengan Ibu Fitri sebagai nasabah Bank Syariah Mandiri pada hari senin, 28 September 2015
  15. Http://www.iaipusat.Net/akses pada Senin 28 Desember 2015
  16. Http://www.bi.go.id/akses pada Senin 28 Desember 2015
  17. http://www.banksumut.com/visi.php, diakses tanggal 15 Agustus 2016, pukul 10.00 Wib
  18. Hasil Wawancara dengan Bapak Umar selaku Nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, 15 Oktober 2015
  19. Jauch Lawrence R. & Glueck William F., (1989) , ‘Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan’, Jakarta : Erlangga.
  20. Kuat Ismanto, Manajemen Syariah Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009
  21. Kasmis, Kewirausahaan, Jakarta : PT. Grafindo, 2006
  22. Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1996
  23. Komaruddin, Kamus Perbankan, Jakarta: CV. Rajawali, 1994
  24. Mamduh M. Hanafi, Manajemen, Yogyakarta: Unit Penerbit, 2003
  25. Makhalul Ilmi, Teori dan Praktek Lembaga Mikro Keuangan Syariah, Yogyakarta: UII Press, 2002
  26. Michael Porter, Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta;Erlangga, 2001
  27. Nila Purbayanti Zamro,”Promosi dan Diferensiasi terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Umum Syariah (Bank Syariah Mandiri), Skirpsi Ekonomi Islam IAIN Walisongo, Semarang, 2009
  28. O.P. Simorangkir, Etika Binis, Jabatan dan Perbankan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003
  29. Pearce dan Robinson, Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian (Jakarta: Binarupa Aksara, 1997)
  30. Rohmat Saleh, ”Pengaruh Bauran Promosi dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung diPT. Bank Syari’ah Mandiri”, Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negri, Kudus, Perpustakaan STAIN Kudus, 2002
  31. Suaryana, Kewirausahaan, Jakarta: PT. Salemba Emban Patria, 2001
  32. Sumarni Murti, Manajemen Pemasaran Bank Edisi Kelima Revisi, Yogyakarta: lIberty, 2002
  33. Saladin, Djasli, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta: CV Rajawali, 1994
  34. Soekartawi, Manajemen Pemasaran Dalam Modern, Bandung: PT.Midas Suryo Grapindo, 1993
  35. Suharsimi Ariuuknto, Prosedur Penelitian Suatu Pengantar, Jakarta: Bina Aksara, 1989
  36. -----------------, Metode Penelitian; Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1991
  37. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009
  38. Tripono dan Udan, Manajemen Strategis, Bandung: Rekayasa Sains, 2005

Open Access Copyright (c) 2017 BUDI GAUTAMA SIREGAR
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id