STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL

NURYADIN NURYADIN* -  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
This paper aims to present the strategy of Islamic education in the digital era. The digital era has brought about many changes in various aspects of human life, including in Islamic education. Islamic education as a subsystem of national education needs to deal with and implement the comprehensive measures and sustainable, in scrutinizing the various opportunities and challenges of the digital era in order to establish the existence and role to give birth to a superior generation in intellectual, spiritual, moral, and social as well as creative

Keywords : Islamic education, digital era, education strategy

  1. Achmadi, 2008, cet ke-2, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
  2. Ahmad, Fathoni, Tantangan Pendidikan di Era Digital, Bagaimana Menyikapinya?, http://madrasah.kemenag.go.id/didaktika/96/tantangan-pendidikan-di-era-digital-bagaimana-menyikapinya.html, diakses pada 26 Maret 2017.
  3. Ali, Suryadharma, 2013, Paradigma al-Qur’an: Reformasi Epistemologi Keilmuan Islam, Malang, UIN-Maliki Press.
  4. Arifi, Ahmad, 2010, cet ke-1, Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi, Yogykarta, Penerbit Teras.
  5. Azra, Azyumardi, 2012, cet ke-1, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta, Kencana.
  6. Darmawan, Deni, 2012, Teknologi Pembelajaran, Bandung, Remaja Rosdakarya.
  7. Darmawan, Deni, 2013, cet ke-2, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.
  8. Daulay, Haidar Putra, 2012, cet ke-3, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta, Kencana.
  9. Lestari, S. dan Ngatini, 2010, cet ke-1, Pendidikan Islam Kontekstual, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
  10. Muhaimin, 2012, cet ke-2, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta, Rajawali Pers.
  11. Musfah, Jejen (ed.), 2012, cet ke-1, Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif, Jakarta, Kencana.
  12. Nata, Abuddin, 2012, cet ke-1, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta, RajaGrafindo Persada.
  13. Rahmat, Ginanjar, “Masa Depan Pendidikan Bernama E-Leraning,” dalam Nur Janti, dkk, 2014, cet ke-1, Online! Geliat Manusia dalam Semesta Maya, Yogyakarta, EKSPRESI Buku LPM EKSPRES.
  14. Safitri, Dyah, “Pustakawan dan Masyarakat Melek Digital,” dalam Kompas, Jumat, 10 Februari 2017.
  15. Saleh, Abdul Rahman, 2010, cet ke-1, Membangun Perpustakaan Digital: Step by Step, Jakarta Sagung Seto.
  16. Suryadi, Ace, 2014, cet ke-1, Pendidikan Indonesia Menuju 2025; Outlook: Permasalahan, Tantangan & Alternatif Kebijakan, Bandung, Remaja Rosdakarya.
  17. Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo, 2011, cet ke-2, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.

Open Access Copyright (c) 2017 NURYADIN NURYADIN
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id