Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Dakwah Di Kalangan Mahasiswa

Siti Aisyah Artina Febriyani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Juni Wati Sri Rizki (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Nurfitriani M. Siregar (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

This research was made with the aim of seeing what kind of use of social media instagram as a means of da'wah and what are the reasons for students of the Islamic Communication and Broadcasting Study Program, class of 2020-2021, Faculty of Da'wah and Science.Islamic Communication and Broadcasting Study Program class of 2020-2021 Faculty of Da'wah and Science Communication State Islamic University Sheikh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. The method used used in this study is descriptive qualitative using a phenomenological approach.  analysis used in this research is the Uses and Gratifications theory. Gratifications theory. The results of this study show that students use Instagram as a means of da'wah. In the process of using Instagram as a means of da'wah, it can be in the form of stories with captions containing preaching messages, reposting preaching messages through instastory, and uploading photos or videos with captions that contain preaching messages. The underlying reason for students. Students of the Islamic Communication and Broadcasting Study Program use Instagram social media as a means of da'wah is that Instagram displays interesting features, a fairly wide range, and a wide range of social media, features, a fairly wide range, and Instagram is not bound by time is not bound by time.

 

Keywords: Means of Da’wah, Students,Social Media, Instagram

 

Abstrak

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk melihat seperti apa penggunaan media sosial instagram dijadikan sebagai sarana dakwah dan apa saja alasan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran islam angkatan 2020-2021 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pisau analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and  Gratifications. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa  menggunakan Instagram sebagai sarana dakwah. Dalam proses penggunaannya Instagram sebagai sarana dakwah dapat berupa story dengan caption yang memuat pesan dakwah, merepost pesan dakwah melalui instastory, dan menggungah foto atau video dengan caption yang memuat pesan dakwah. Alasan yang mendasari Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah ialah Instagram menampilkan fitur yang menarik, jangkaun yang cukup luas, dan Instagram tidak terikat oleh waktu.

 

Kata kunci: Sarana Dakwah, Mahasiswa, Media Sosial, Instagram


Full Text:

PDF

References


Abdullah. Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, Dan Aplikasi Dakwah. Bandung: Citapustaka Media, 2009.

Afif, Muhammad, Widiya Nanda, M Samson Fajar, Muhammad Nur, Jl Ki, Hajar Dewantara, and Kota Metro. “Jurnal Mahasisiwa Kpi Mahasiswa Di Fakultas Agama Islam Unifersitas Muhammadiyah Merto : Jurnal Mahasiswa Kpi Pendahuluan Di Di Dalam Alquran Te” 3, no. 2 (2023): 42–47.

Ayu Nurrohmah, Aliffiani, and Ahmad Nurcholis. “Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Instagram @Pemudahijrah).” Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam 4, no. 1 (2021): 49–62. https://doi.org/10.37567/syiar.v4i1.741.

Azwar, Welhendri. Sosiologi Dakwah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Vol. 3, 2020. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Dinillah, Ulya, and Aka Kurnia SF. “MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Isi Pada Akun @tentangislam Dan @harakahislamiyah).” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science 1, no. 1 (2019): 54–67. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v1i1.411.

Feny Rita Fiantika et all. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2022. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en.

H. Rifa’i, Abubakar. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2021.

Husnul Khatimah, Windy Tiani, Tika Gusnita Sari, and Syifa Ulhana. “Penggunaan Media Instagram Sebagai Media Dakwah Dan Wirausaha Mahasiswi Prodi KPI STIBA Ar Raayah.” Jurnal Keislaman 7, no. 1 (2024): 237–52. https://doi.org/10.54298/jk.v7i1.4035.

Nasution, Abdul Fattah. Metode Penelitian Kualitatuf. Edited by Meyniar Albina. Bandung: Harfa Creative, 2023.

Nurrahmi, Febri, and Puteri Farabuana. “Efektivitas Dakwah Melalui Instagram.” Nyimak: Journal of Communication 4, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326.

Putri, Luthfi Ulfa Ni’amah dan Sukma Ari Ragil. “Da’i Dan Pemanfaatan Instagram: Tantangan Moderasi Dakwah Di Era Digital.” Jurnal Komunikasi Islam 09, no. 2 (2019): 264–90.

Putri, Maulina Larasati, Vera Wijayanti Sutjipto, Marissa Puspita Sary, Latifah Firdausah, and Yoandra Putri Amarawati. “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Informasi Penyebaran Dakwah Kepada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta.” Kinesik 8, no. 3 (2021): 284–96. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i3.204.

Rashid, Fathor. Buku Metode Penelitian Fathor Rasyid, 2022.

Robbani, Azhfar Muhammad, and Rhafidilla Vebrynda. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Strategi Nurul Azka Dalam Mengelola Akun@ Nunuzoo),” no. 2 (2019): 1.

Sutrisno, Agnes Pertiwi, and Ira Dwi Mayangsari. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers.” Jurnal Common 5, no. 2 (2022): 118–33. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143.

Turner, Richard West dan Lynn H. “Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi,” n.d.

Umar Sidiq, Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i1.10693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.