Pola Komunikasi Interpersonal Humas Gembira Loka Zoo Yogyakarta Dengan Stakeholder Eksternal Dalam Menjaga Eksistensi Wisata

Vivi Novita Sari (Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia)
Popi Andiyansari (Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjalin antara Humas Gembira Loka Zoo dengan stakeholder eksternal dalam menjaga eksistensi wisata, khususnya menggunakan model teori S-O-R yang terdiri dari tiga indikator yaitu Stimulus-Organisme-Response. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya menjalin hubungan yang baik antara Gembira Loka Zoo dengan pihak stakeholder eksternal, seperti Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Provinsi DIY, untuk mempertahankan daya tarik wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk antara Gembira Loka Zoo dan stakeholder eksternal berperan signifikan dalam menjaga eksistensi wisata melalui strategi komunikasi dan kerjasama yang efektif sehingga mampu meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan di Gembira Loka Zoo.


Full Text:

PDF

References


Gautama, G. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal dan Perilaku Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal dan Perilaku Komunikasi pada Mahasiswa S1 Program Ilmu Komunikasi Non regular Fisip UNS Angkatan 2017 dari Luar Daerah dalam Menjaga Hubungan. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1411-268x). Retrieved from https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=POLA+KOMUNIKASI+INTERPERSONAL+DAN+PERILAKU+KOMUNIKASI

Maulida, A. (2021). Strategi Public Relations dengan Komunikasi Interpersonal Mengenai Minat Belajar Anak . Prosiding Jurnalistik, Vol. 7, No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27264

Moleong, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, H. &. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pramuwisata di Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat. Tourism Scientifi Journal, 7 No. 1 (2021). doi:https://doi.org/10.32659/tsj.v7il.152

Pangaribowo, W. S. (2024, Januari 8). Selama 2023, Kota Yogyakarta Dikunjungi 7 Juta Wisatawan. Retrieved from Kompas.com: https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/08/104045278/selama-2023-kota-yogyakarta-dikunjungi-7-juta-wisatawan

Santika, E. F. (2023, 05 31). Ini Daerah Sasaran Utama yang Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Ketika ke Indonesia. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/31/ini-daerah-sasaran-utama-yang-dikunjungi-wisatawan-mancanegara-ketika-ke-indonesia

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Yogyakarta: CAPS Center for Academia Publishing Service.

Suryanto, S. S. (2016). Public Relations. In S. S. Suryanto, Public Relations (p. 101). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widada, Y. (2024, Januari 1). rri.co.id. Retrieved from Pengunjung GLZoo Mendapat Wahana Baru: https://www.rri.co.id/wisata/499655/pengunjung-glzoo-mendapat-wahana-baru

Zoo, G. L. (2024). Profil Perusahaan. Retrieved from Official Website Gembira Loka Zoo: https://gembiralokazoo.com/about-us




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i2.13291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.