Pola Komunikasi Interpersonal Humas Gembira Loka Zoo Yogyakarta Dengan Stakeholder Eksternal Dalam Menjaga Eksistensi Wisata
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjalin antara Humas Gembira Loka Zoo dengan stakeholder eksternal dalam menjaga eksistensi wisata, khususnya menggunakan model teori S-O-R yang terdiri dari tiga indikator yaitu Stimulus-Organisme-Response. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya menjalin hubungan yang baik antara Gembira Loka Zoo dengan pihak stakeholder eksternal, seperti Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Provinsi DIY, untuk mempertahankan daya tarik wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk antara Gembira Loka Zoo dan stakeholder eksternal berperan signifikan dalam menjaga eksistensi wisata melalui strategi komunikasi dan kerjasama yang efektif sehingga mampu meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan di Gembira Loka Zoo.
Full Text:
PDFReferences
Gautama, G. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal dan Perilaku Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal dan Perilaku Komunikasi pada Mahasiswa S1 Program Ilmu Komunikasi Non regular Fisip UNS Angkatan 2017 dari Luar Daerah dalam Menjaga Hubungan. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1411-268x). Retrieved from https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=POLA+KOMUNIKASI+INTERPERSONAL+DAN+PERILAKU+KOMUNIKASI
Maulida, A. (2021). Strategi Public Relations dengan Komunikasi Interpersonal Mengenai Minat Belajar Anak . Prosiding Jurnalistik, Vol. 7, No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27264
Moleong, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, H. &. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pramuwisata di Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat. Tourism Scientifi Journal, 7 No. 1 (2021). doi:https://doi.org/10.32659/tsj.v7il.152
Pangaribowo, W. S. (2024, Januari 8). Selama 2023, Kota Yogyakarta Dikunjungi 7 Juta Wisatawan. Retrieved from Kompas.com: https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/01/08/104045278/selama-2023-kota-yogyakarta-dikunjungi-7-juta-wisatawan
Santika, E. F. (2023, 05 31). Ini Daerah Sasaran Utama yang Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Ketika ke Indonesia. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/31/ini-daerah-sasaran-utama-yang-dikunjungi-wisatawan-mancanegara-ketika-ke-indonesia
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Yogyakarta: CAPS Center for Academia Publishing Service.
Suryanto, S. S. (2016). Public Relations. In S. S. Suryanto, Public Relations (p. 101). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widada, Y. (2024, Januari 1). rri.co.id. Retrieved from Pengunjung GLZoo Mendapat Wahana Baru: https://www.rri.co.id/wisata/499655/pengunjung-glzoo-mendapat-wahana-baru
Zoo, G. L. (2024). Profil Perusahaan. Retrieved from Official Website Gembira Loka Zoo: https://gembiralokazoo.com/about-us
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i2.13291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.