Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Dakwah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh media sosial terhadap efektivitas dakwah. Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih memberikan tantangan kepada seorang da’i dalam berdakwah di era modern seperti ini. Da’i dituntut untuk lebih kreatif dalam penggunaan teknologi komunikasi. Salah satu teknologi komunikasi yang dapat dijadikan sebagai perantara penyampaian pesan dakwah adalah dengan media sosial. Dengan penggunaan media sosial dapat meningkatkan keefektivitas dalam berdakwah. Media sosial merupakan tempat dimana seseorang dapat saling berbagi informasi kepada orang lain secara mudah dan cepat. Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. dengan menggunakan instagram seseorang dapat membagikan informasi kepada orang lain berupa foto maupun video.
Kata kunci: media sosial, instagram, efektifitas, da’wah.
Full Text:
PDFReferences
Antony Giden. Qudsy Social Theory Today. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Kemendag. “Buku Media Sosial Kementerian Perdagangan,” 15 Januari 2015. www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/01/15/buku-media-sosial-kementerian-perdagangan-id0-1421300830.pdf.
Kominfo. “Pengguna Internet di Indonesia 63 juta orang,” 9 Desember 2019. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+:+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita satker.
Kompas Tekno. Berita. Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?, 23 Desember 2019. kompas.com/tekno/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.
Mhd. Latip Kahpi. “PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA.” HIKMAH, 2, 13 (Desember 2019): 225.
Miliza Ghazali. Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: Publishing House, 2016.
Muslim. “Sampaikan dari Ku walau satu ayat,” 9 Desember 2019. https://muslim.or.id/6409-sampaikan-ilmu-dariku-walau-satu-ayat.html.
Soewarno Handayaningrat. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Mnajemen. Jakarta: Haji Masaguna, 1994.
Toha Yahya Oamr. Islam dan Dakwah. Jakarta: PT. Al Mawardi Prima, 2004.
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2178
Refbacks
Copyright (c) 2020 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.