Komunikasi Persuasif Dosen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan
Abstract
Manusia adalah satu-satunya makhluk di muka bumi yang dilengkapi akal pikiran, yang tidak dimiliki mahluk lain. Manusia juga dilengkapi panca indra berupa mata, telinga, hidung, tangan dan kaki. Dengan keadaan ini manusia sebagai makhluk yang paling sempurna ciptaan-Nya. Melalui panca indra manusia berusaha mengenal gejala-gejala alam dan gejala sosial yang dapat dilihat, didengar, diraba dan dicium. Usaha pengenal ini berlangsung sejak seorang lahir di dunia.
Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa berhubungan dengan orang lain. Oleh karenanya, manusia berkomunikasi antar individu atau antar kelompok. Manusia bersifat sekeftis terhadap suatu hal yang diketahui sebelumnya, sehingga dengan sendirinya akan berusaha memperoleh informasi yang ia ketahui dengan jalan komunikasi. Eksistensi seseorang dalam berkomunikasi ditunjukkan dalam bentuk suatu keinginan yang ia ingin peroleh dari orang lain. Dan untuk memenuhi kebutuhan emosional dan intelektualnya. Dalam komunikasi tersebut terjadilah sebuah hubungan yang baik dengan orang lain yang terlibat dalam komunikasi itu.
Full Text:
PDFReferences
A. Muis, Komunikasi Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001
Adi Satrio, Kamus Ilmih Populer, Visi 7, Jakarta, 2005
Ali Imron, Pembinaan Guru di Indonesia, Pustaka Jaya, Jakarta, 1995
Chalijah Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Al-Ikhlas, Jakarta, 1994
Dan Nimmo, Komunikasi Politik , Rosda Karya, Bandung, 1995.
Deddy Mulyana, Ilmu komunikasi Suatu pengantar, Remajarosda karya, Bandung, 2002
Depag RI, Alqur’an dan Terjmahnya, Aisyiah, Surabaya, 1099.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2002
E. Mulyasa, Dasar-Dasar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1990
H. yaiful Sagala, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2007
Hafied Changara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Grafindo Persada, Jakarta, 2004
Jaladdin Rakhmat, Ilmu Retorika, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000
Lathief Rousydy, Rhetorika Komunikasi dan Informasi, Firma Rimbow, Medan, 1989
Muhabbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999.
Onong Uchjana Effendi, Dinamika Komunikasi, Rosdakarya, Bandung, 2000
Onong Uchjana Effendi, Hubungan Masyarakat Suatu Sudi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002
Onong Uchjana, Ilmu komunikasi, Remaja rosyda karya, Bandung, 2001
Phil Astrid Susanto, Komunikasi Dalam Teori dan Praktek, Bina Cipta, tt..
Saiful Bahri Djamarah-Aswan Zain, Strategi Belajar, Reneka Cipta, Jakarta, 2006
Santoso Sastroteotro, Partisipasi Komunikasi Persuasi Disiplin Dalam Pembangunan Nasional, Alumi, Bandung, 1998
Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, 1996
Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 1990
Syukur Kholil, Metode Penelitian Komunikasi, Cita Pustaka Media, Bandung, 2006
WA. Gerungan, Psikologi Sosial, Eresco, Bandung, 1986
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.