Tiktok: Media Baru dan Jalan Terang Dakwah Modern
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Irwan. “Di Bawah Bayang-Bayang Media: Kodifikasi, Divergensi, Dan Kooptasi Agama Di Era Internet.” Sabda 12, no. 2 (2017): 116–21. doi:10.14710/sabda.12.2.116-121.
al-Aghbari, Abdul Rahman. “Wasāil Wa Asālīb Al-Da’wah Al-Mu’āṣirah.” Islamic University of Minnesota, 2017.
Al-Bayānūniy, Muhammad Al-Fath. Al-Madkhal Ilā ‘Ilm Al-Da’Wah. Beirut: Muassasah Al-Risalah, 1995.
Alhidayatillah, Nur. “Dakwah Dinamis Di Era Modern.” Jurnal An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam 41, no. 2 (2017): 265–76. doi:http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v41i2.4658.
Annazilli, M. Haqqi. “Relasi Antara Agama Dan Media Baru.” Syi’ar 18, no. 2 (2018): 26–44. doi:http://dx.doi.org/10.29300/syr.v18i2.1677.
Apriari, Shinta Ath Thoriq. “Peran Tiktok Sebagai Media Dakwah Bagi Generasi Muslim Milenial Di Masa Pandemi Covid-19.” In Digital Da’wa in Covid 19 Pandemic, 251–60. Pontianak: Borneo Undergraduate Academic Forum5 (BUAF-5th), 2021. https://confference.iainptk.ac.id/index.php/buaf5th/article/view/152.
Asmar, Afidatul. “Ekspresi Keberagamaan Online: Media Baru Dan Dakwah.” Jurnal Ilmu Dakwah 40, no. 1 (2020): 54–64. doi:10.21580/jid.v40.1.5298.
Aziz, Muh. Ali. Ilmu Dakwah. 6th ed. Jakarta: Kencana, 2017.
Damayanti, Trie, and Ilham Gemiharto. “Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia.” Communication 10, no. 1 (2019): 1–15. doi:http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809.
Fanaqi, Chotijah. “Tiktok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Dakwah 22, no. 1 (2021): 105–30. doi:https://doi.org/10.14421/JD.22.1.21.4.
Hasiholan, Togi Prima, Rezki Pratami, and Umaimah Wahid. “Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19.” Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2020): 70–80. doi:https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278.
Hijrah, and Nurul Intan. “Dampak Negatif Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Di Kalangan Remaja Desa Mata IE Kabupaten Aceh Barat Daya.” At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam2 12, no. 2 (21AD): 277–83. doi:https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i2.731.
Hikmawati, Sholihatul Atik, and Luluk Farida. “Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2021): 1–11.
Khumaira, Lubbi Atika, and Abdul Muhid. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN :” Dialektia: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial 7, no. Februari (2022): 21–31. doi:https://doi.org/10.36636/dialektika.v7i1.763.
Kurnia, Novi. “Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi.” Mediator 6, no. 2 (2005): 291–96. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v6i2.1197.
Machmud, Muslimin. “Perkembangan Teknologi Dalam Industri Media.” Jurnal Teknik Industri 12, no. 1 (2012): 57–64. doi:10.22219/jtiumm.vol12.no1.57-64.
Makhdūm, Musṭafa Ibn Karāmatillah. Qawa’id Al-Wasāil Fī Al-Shari’ah Al-Islāmiyyah. Riyadh: Dār Ishbīlyā, 1999.
Murwani, Endah. “Budaya Partisipatif: Suatu Bentuk Literasi Media Baru.” SNIT: Seminar Nasional Inovasi Dan Teknologi 1, no. 1 (2012): B22-26. http://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2012/article/view/310.
Palupi, Rismaka, Umi Istiqomah, Fella Vidia Fravisdha, Nur Laili Septiana, and Ailyn Maharung Sarapil. “Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Era Modern.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 5, no. 1 (2021): 89–104. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/4119#statistic.
Rianto, Puji. “Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi.” Jurnal Komunikasi: Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 1, no. 2 (2016): 90–96. doi:10.25008/jkiski.v1i2.54.
Rubawati, Efa. “Media Baru : Tantangan Dan Peluang Dakwah.” Jurnal Studi Komunikasi 2, no. 1 (2018): 126–42. doi:10.25139/jsk.v2i1.510.
Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Cakrawala: Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika 16, no. 2 (2016): 1–7. doi:https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1283.
Siahaan, Chontina. “Peran Media Televisi Dalam Pembentukan Realitas.” Sociae Polites: Majalah Ilmiah Sosial Politik 5, no. 23 (2018): 9–19. doi:https://doi.org/10.33541/sp.v5i23.508.
Trisakti, Febby Amelia. “Cyber- Da ’ Wah : Narasi Konten Video Sebagai Metode Dakwah Non-Ulama Pada Media Sosial Tiktok.” Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah 3, no. 3 (2021): 258–71. doi:10.24014/idarotuna.v3i3.16645.Cyber-.
Ubaid, Kamal Muhammad. “Al-Da’wah: Taṣḥīh Al-Mafhūm Wa Bayan Al-Ḥukm.” Dirasat Da’wiyyah 9 (2005): 20. http://hdl.handle.net/123456789/686.
Watie, Errika Dwi Setya. “Periklanan Dalam Media Baru.” The Messenger 4, no. 1 (2012): 37–43. doi:http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v4i1.275.
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v17i1.5757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.