Optimalisasi Media Sosial TikTok sebagai Dakwah Digital di Era Milenial pada Akun Ustadz Syam

Mutiara Rizqa Chairunnisa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Fajrina Margareth Viruliana (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Media sosial memegang peranan penting sebagai sarana penyebaran informasi secara lebih luas. Pada penelitian ini ingin melihat bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial Tiktok bagi seorang content maker seperti Ustad Syam yang menggunakan akunnya untuk keperluan dakwah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Posisi penelitian ini memberikan penjelasan tentang maraknya media penyampaian dakwah seperti media sosial dan bagaimana seorang content creator mengoptimalkan akunnya untuk menyebarluaskan informasi yang diberikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Tiktok sangat membantu dan memudahkan para content creator dalam berproduksi. Kemudian dengan banyaknya pengguna aplikasi Tiktok, memudahkan para content creator untuk mendapatkan banyak respon.

Kata Kunci: Dakwah Digital & Ustad Syam Tiktok

 

Abstrak

Media sosial di zaman sekarang sangat berperan penting sebagai sarana penyebaran informasi yang lebih luas. Dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana optimalisasi dalam penggunaan media sosial Tiktok bagi seorang pembuat konten seperti ustad Syam yang menggunakan akunnya untuk kepentingan dakwah. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Posisi penelitian ini memberikan penjelasan tentang bertambahnya media menghasilkan dakwah seperti media sosial dan bagaimana seorang pembuat konten mengoptimalkan akunnya untuk menyebarkan informasi yang mereka berikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Tiktok sangat membantu dan memudahkan pembuat konten untuk berproduksi. Kemudian dengan banyaknya pengguna aplikasi Tiktok menambah kemudahan bagi pembuat konten untuk mendapat respon yang banyak.

Kata Kunci : Dakwah Digital, Tiktok Ustad Syam


Full Text:

PDF

References


Ahmad Zaini, 2013, “Dakwah Melalui Internet” At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyuaran Islam Volume 1.

Ahmad Zulkifli, 2021, “Pengaruh Sosial Media Tiktok terhadap Nasib Kebudayaan Nasional” Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya Volume 2 Nomor 2.

Ayu Febriana, 2021, “Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustad Syam, Di Akun @syam_elmarusy” Jurnal Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah Volume 11 Nomor 02.

Didik Haryadi, 2018, New Media & Komunikasi Politik (Telaah Kontestasi Politik dalam Ruang New Media) , (Yogyakarta: Mbridge Press).

Engki Pranata, Mahasiswa KPI UIN Imam Bonjol Padang, Wawancara Tidak Langsung, Via WhatsApp, 21 Februari 2022.

Kustadi Suhandang, 2014, Strategi Dakwah: Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah , (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Lexy Moleong, 2003, Metode Penelitian Kualitatif , (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Nari Putri, Mahasiswi KPI UIN Imam Bonjol Padang, Wawancara Tidak Langsung, Via WhatsApp, 21 Februari 2022.

Nazzaruddin, 1974, Publisistik dan Dakwah , (Jakarta: Erlangga).

Pakhri, A, 2017, “Penggunaan Fitur Vidgram Sebagai Trend Media Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @yufid.tv di Instagram)” Skripsi UIN Alauddin Makasar.

“Profil Ustadz Syam”, suara.com, diakses 27 Maret 2022, http://www.suara.com/entertainment/2021/03/14163920/profil-ustadz-syam-yang-baru-menikah-dengan-selebgram- tidak bisa.

Revo Julrah Fajri, Mahasiswa KPI UIN Imam Bonjol Padang, Wawancara Tidak Langsung, Via WhatsApp, 21 Februari 2022.

“Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet”, kominfo.co.id, diakses 27 Maret 2022, https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014 -tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers.

Wawan Setiawan, 2021, “Implementasi Dakwah Melalui Internet” Ad-Zikra: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 12 Nomor 2 Juli-Desember




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i1.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.