Stiker WhatsApp Sebagai Pesan Nonverbal Dalam Komunikasi Interpersonal Mahasiswa
Abstract
Saat mengirim pesan teks melalui WhatsApp, kadangkala pesan yang dikirim sulit dipahami oleh penerima pesan karena keterbatasan pesan verbal merefleksikan ekspresi pelaku komunikasi yang berujung pada kesalahan makna dalam menerjemahkan pesan. Untuk meminimalisir hal tersebut, WhatsApp menyediakan fitur stiker sebagai komunikasi nonverbal agar komunikasi lebih interaktif. Menurut teori fungsional yang digagas Patterson, pesan nonverbal berperan membantu memaknai pesan verbal dalam aspek memberikan informasi tentang perasaan, mengekspresikan keintiman dengan orang lain dan membantu mencapai tujuan komunikasi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang angkatan 2017-2019 untuk melihat bagaimana stiker berperan sebagai pesan nonverbal di WhatsApp dengan analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket, kemudian dijabarkan dalam bentuk statistik. Temuan penelitian menunjukkan seluruh responden setuju bahwa stiker mampu merepresentasikan pesan verbal dalam komunikasi interpersonal melalui WhatsApp. Aspek memberikan informasi tentang perasaan, ditemukan sebanyak 78% responden berada pada interval setuju, dan 22% sangat setuju. Aspek mengeskpresikan keintiman dengan orang lain ditemukan 62% responden berada pada interval setuju dan 38% responden sangat setuju. Aspek membantu mencapai tujuan komunikasi ditemukan sebanyak 71% responden berada pada interval setuju dan 29% responden sangat setuju. Ini membuktikan bahwa stiker berperan sebagai pesan nonverbal di WhatsApp dalam komunikasi interpersonal mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktis” (Jakarta: Rineka Cipta).
Bungin, Burhan. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif” (Jakarta: Prenadamedia Group).
Kusumawati, Tri Indah. 2015. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal,” (Sumatera Utara: Jurnal UIN Sumatera Utara
Laporan Rekapitulasi Mahasiswa Aktif Program S1 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Tahun Ajaran 2019/2020
Subakti, Respati Aji .2016. “Emoji Untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi WhatsApp” (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim).
Tang, Ying & Hew Khe Foon. 2019. “Penggunaan Emoticon, Emoji, Dan Stiker Dalam Komunikasi Bermedia Komputer: Tinjauan Teori Dan Temuan Penelitian,” Jurnal Komunikasi Internasional 13 (2019): 3.
Kusumawati, Tri Indah. 2015. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal,” (Sumatera Utara: Jurnal UIN Sumatera Utara
Sendjadja, Sasa Djuarsa. 2002.“Teori Komunikasi” (Jakarta: Universitas Terbuka).
Siswosudarmo, Risanto. “Pendekatan Praktis Penelitian Epiddemiologi Klinis Dan Aplikasi SPSS Untuk Analisis Statistika” (Yogyakarta: Departemen Obstetrika dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UGM).
Syah, Darwyan. 2017. “Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif” (Jakarta: TT).
Syahrum & Salim. 2012. “Metodologi Penelitian Kuantitatif” (Bandung: Citapustaka Media).
Sumber Internet
https://infokomputer.grid.id/read/121648253/perbedaan-emoji-emoticon-danstiker-ini- penjelasan-lengkapnya?page-all diakses pada 22 Februari 2021 pukul 6.58 WIB
https://dailysocial.id/post/apa-itu-WhatsApp, diakses tanggal 31 Januari 2021 pukul 14.14 WIB
http://dailysocial.id/post/apa-itu-WhatsApp, diakses pada 15 Januari 2021 pukul 07.00 WIB
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v17i2.6346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.