PENGARUH PENERAPAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD COKROAMINOTO IKHWAN
Abstract
Keywords: POGIL Model, Learning Outcomes, Mathematics.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Rizqy & Suryadin Hasyda. (2020). (Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas IV Melalui Model Pogil Dilengkapi Peta Pikiran). Kupang: Universitas Muhammadiyah, 14(11), 34. Aini K. (2017). (Penerapan Pendidikan Matematika Siswa Sekolah Dasar). Jurnal Autentik. 1, 23-24. Aisyah. 2018. Perkembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Akmalia, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Process Oriented Guited Inquiry Learning (POGIL) Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Science & Technology. Anni, Catharina Tri. 2018. Psikologi Belajar Semarang: IKIP Semarang Press. Arifin, H.M. 2019. Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Toeritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisippliner. Jakarta: Bumi Aksara Azha, Arsyad. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Bachtiar dan sudarso. (2021). Hubungan Keterampilan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. 7(2). Brown S. (2019). (A Process-Oriented Guided Inquiry Approach To Teaching Medical Chemistry, American Journal of Pharmaceutical Educatio). 74(7). Dasna, I Wayan. (2020). (Efektivitas POGIL Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belaja Dengan Kemampuan Awal Berbeda). Jurnal Kependidikan Kimia. 8(1), 32. Douglas E.P. & Chiu. (2018). (Process-Oriented Guided Inquiry Learning In Engineering Procedia-Social and Behavioral). 56, 253-257. Elke Annisa, Octaria. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Febrianti, Zalia. 2020. Analisa Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran POGIL Pada Materi Koloid. Riau: UIN Suska. Hamzah. 2020. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hanson, David M. 2020. Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. Stony Brook University: Pacific Creast. Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626 Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60. Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733 Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637 Heruman. 2018. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Irawati Ilfa, dkk. (2020). (Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa). Universitas Mataram. 1, 45. Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22. Mariamah. (2017). (Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Penguasaan Materi Siswa). Jurnal Pendidikan MIPA. 7, 138-147. Nurkholis. (2018). (Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknolog). STAIN Purwokerto. 1(1), 24-25. Pertiwi. (2022). (Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif). Jurnal Basicedu. 6(2), 47. Purwanto, M. Ngalim. 2018. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Putra, Agung Susanto. (2022). (Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN N Kedisan). Jurnal Elementary. 5(2), 207. Putri, Vivi Wahyuni. (2021). (Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia). Jurnal Ranah Research. 3(2), 63. Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Susanto, Ahmad. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Suwangsih dan Tiurlina. 2019. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press. Swarjana I, Ketut. 2022. POPULASI-SAMPEL, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi IKAPI. Syafaati, D. A. (2020). (Implementasi Model Pembelajaran POGIL Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 18 Surabaya). UNESA Journey of Chemistry Education. Tampubolon, Saur. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga. Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Trianto. 2019. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.11664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah