PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN
Abstract
Keywords: Pengaruh Model Discovery Leaarning; Hasil Belajar Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Alfianika, Ninit. 2018. “Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia”. (Yogyakarta: Deepublish)
Amin, Alfauzan. 2015. “metode dan model pembelajaran Agama Islam”. (Bengkulu: IAIN Bengkulu Press)
Anwar Herson dan Lian G. Otaya. 2015. “Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi”. (Limboto: Sultan Amai Gorontalo. Press)
Astari, Fajar Ayu. 2018. “Efektif penggunaan model discovery Learning dan model problem based learning trehadap hasil belajar ipa siswa kelas 3 sd”. jurnal Basicedu 2. No. 1.
Baharudin. 2016. “Pendidikan dan psikologi Perkembangan”. (Yohyakarta: Ar-Ruzz Media)
Dimyanti Dan Mudjiono. 2018. “Belajar Dan Pembelajaran”. (Jakarta: Rineka Cipta)
Fatiran, Herneta. 2022. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsal Pada Sistem eksresi Manusia”. Pusat Pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia. Lombok Tengah.
Hamalik, Oemar. 2016. “Proses Belajar Mengajar”. (Bandung: Bumi Aksara)
Handayani, Dyah. 2015. “Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar
IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4. No. 1.
Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626
Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
Kemuning Wisnu, dkk. 2015. “pengaruh model discovery learning berbantu kartu masalah pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa”.
Kristin, Firosalia. 2016 “Pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa ips pada siswa kelas 4 sd”. jurnal Scholaria 6. No. 1.
Lieung, Karlina Wong. 2019. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal PGSD Universitas Merauke 1. No.2.
Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177.
Siregar, A. R., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., Addary, A., Harahap, A., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Addary, A. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sd N 200103. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 75–79.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
Suhryanto Agung, “penerapan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa”, jurnl ilmu pemerintahan dan sosial politik UMA
Sukmadinata Nana Syaodih, MetodePenelitian Pendidikan
Suryosubroto, poses belajar mengajar disekolah, ( Jakarta: PT Asdi Matraman 2015)
Suryousubroto, proses belajar mengajar disekolah 2015
Suynto dan Asep Jidad, menjadi guru professional, (Jakarta: Erlangga, 2013)
Syahputra Edy, S.Pd, Snowball Throwing Tingkatakan Minat dan Hasil Belajar, (Sukabumi: Haura Publising, 2020)
Syarofah Fahmi, dkk, “ penerapan metode Discoveri Learning dan Ekspositori terhdap peningkatan hasil belajar Pkn siswa kelas 7 Smp negeri 2 dan Smp negeri 7 bangkalan”, jurnal Education ang development institut pendidikan terpanuli selatan, Vol.7 No.2 Edisi April 2019
Yuliana Nabila, “ penggunaan model pemebelajaran discovery learning dalam peningkata hsil belajar di sekolah dasar”, jurnal ilmiah pensisikn dan pembelajaran JIPP, Volume 2 Nomor 1 April 2018
Zularasati, “pengaruh penggunan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2016/2017”, (skripsi S1 Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, universitas islam negeri walisongo, 20
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.11717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah