PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Sul Min Daud (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lian Gafar Otaya (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Miftha Huljannah (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


This puzzle media functions as an intermediary to convey mathematics material so that it is easily understood by elementary school students. Therefore, researchers conducted research on the use of puzzle media in improving student learning outcomes in class III mathematics subjects at SDN 9 Limboto. This research aims to find out whether the use of puzzle media can improve student learning outcomes in Mathematics class III 9 Limboto. The research model used is classroom action research by Kemmis Mc Tagart. The research subjects were 16 class III students at SDN 9 Limboto. The data collection technique is in the form of a test to determine the level of student understanding of the material, observation to determine student activity in implementing the learning process, while documentation is used to collect data that is relevant to research. The research results show that in the initial conditions based on the pretest results, 20% of students had reached the KKM, while 80% of students had not yet reached the KKM. Then in the cycle there was a very significant increase, namely 85% of students had reached the KKM while 15% of students had not reached the predetermined KKM. This proves that the use of puzzle media in mathematics learning can improve the learning outcomes of class III students at SDN 9 Limboto.


Keywords: Learning Outcomes, Use of Puzzle Media, Fraction Material

Media puzzle ini berpungsi sebagai perantara untuk menyampaikan materi matematika agar mudah dipahami oleh siswa SD oleh karna itu peneliti melakukan penelitian penggunaan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika kelas III SDN 9 Limboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengeetahui apakah penggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata Pelajaran matematika kelas III 9 Limboto. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan kelas oleh kemmis mc tagart. Subjek penelitian yakni siswa kelas III SDN 9 Limboto yang berjumlah 16 orang. Adpaun Teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengetahui Tingkat pemahaman siswa terhadap materi, obervasi untuk mengetahui qktivitas siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sedangkan domentasi sebagai pengumpul data yang relevansi dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada akondisi awal berdasarkan hasil preetest yakni 20 % siswa sudah mencapai KKM sedaangkan 80% siswa yang belum mencapai KKM. Kemudian pada siklus terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 85% siswa sudah mencapai KKM sedangkan 15% siswa belum mencapai KKM yang sudah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 9 Limboto.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Puzzle, Materi Pecahan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI
Agustin, Amelin skripsi. 2020.”penerapan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa tulusrej”. Metro iain.
Aibowo. “upaya meningkatkan kemampuan membandingkan pecahan sederhana dengan menggunakan kartu pecahan di kelas III SD negri majayala VII”.
Bahar dan Risnawati. 2019."Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa". Publikasi Pendidikan.Vol. 9, No.1.
Daniyanti, Anid kk. 2023. “konsep dasar media pembelajaran” .Of Student Research, Vol. 01.
Denim, Sudarwan. 2019.“Media komunikasi pendidikan” Jakarta: bumi aksara.
Firdaus, Achmad. 2018.“Pendekatan Matematika Realistik Dengan Bantuan Puzzle Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 08, No. 3.
Griya Journal of Mathematics Education and Application.Vol. 2, no 2 Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol. 03, No. 1.
Heruman. 2016.“model pembelajaran matematika di SD”. PT remaja Rosdakarya.
Kristanti, Dian. 2018.“Memahamkan Siswa Tentang Materi Bangun Datar Di Kelas V Sd Neger Tunjungsekar III Malang Dengan Media Papan Berpaku”. Genta Muli: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5. 2.
Maghfiroh, Yuli dkk. 2021.“Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Educatio Fkip Unma.Vol. 07. No. 2.
Miftah, M. 2020.“ pungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa.”. Vol. 01.
Murdiyanto, Tri dan Yudi Mahatma.“Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Sarwahita.vol. 11, no. 1.
Qiptiyyah, Mariyatul. 2020.“peningkatan hasil belajar pkn materi kedudukan dan fungsi
2024 [Penggunaan Media Puzzle……, Sulmin Daud, dkk]
Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 190 4 No. 2 Tahun 2024
pancasila memalui metode jingsaw”. bimbingan dan konseling.vol. 05, no. 01.
Rahman, Abdul. 2022. “Pengertian Pendidikan Ilmu Pendidikan Dan Unsur- Unsur PendidkanAl Urwatul Wutsqa”.kajian pendidkan islam.Vol 2,No. 1.
Riyanti, dkk. 2017.“Manajemen Pembelajaran Matematika di Sd Negeri MAangkubumen 83 Surakata”. Jurnal Varia Pendidikan.vol. 29, no. 1.
Sanjaya, Prof. Dr. H. Wina. 2016.“Peneletian Tindakan Kelas”. Indonesia: prenanda media.
Sudjana, Nana. 2019.“Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Sinar Baru.
Sumenda. 2018.“pegantar ilsafat matematika”. Surakarta: uns Press.
Sundayana, Rostina.“Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika”.
Suwardi, dkk. 2014.“Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini”. Jurnal Al-azhar Indonesia Seri Humaniora.vol. 2, no. 4.
Tambun, Sarah indah elisabet, dkk. 2020.“ analisi undang-udang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional mencakup bab IV pasal 5 mengenai hak dan kewajiban warga negara, orang tua dan pemerintah” visi ilmu social dan humaniora. vol 01, no 01.
Tanjung, Henra Saputra and Siti Aminah Nababan. 2018.“Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi PokokPecahan di Kelas III Sd Negeri 200407 Hutapadang”. Bina
Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol. 03, No. 1.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013), h. 200
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zaid, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta:PT Rineka Cipta, 2010), h.134
Rumakhit, Nur. 2010. Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan. Jurnal Simki- pedagogja,vol 01 (2) : 6
Triwiyanto, T. 2015. Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara
2024 [Penggunaan Media Puzzle……, Sulmin Daud, dkk]
Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 191 4 No. 2 Tahun 2024
Tampubolon, Saur. 2013. Penilitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendid0ik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pelajaran. Jakarata: Kencana
Lucia. 2010. Belajar dengan Heboh. Yogyakarta: G-Media
Suprijuno. 2010. Cooperative Learning & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tampubolon, Saur. 2013. Penilitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendid0ik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif .Jakarta: Rajawali


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah