POLA PEMBENTUKKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS IV SDIT LUKMANUL HAKIM
Abstract
This research is aimed at answering the pattern of forming the character values of discipline and responsibility in grade IV students at SDIT LUKMANUL HAKIM. The approach method used in this research is qualitative. In carrying out the research, researchers used qualitative descriptive data techniques. Data collection was carried out using observation data, interviews and documentation. The data taken and collected came from the class IV teacher, the data description was carried out through three implementation stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data used is triangulation. The research results obtained show that the formation of the character values of discipline and responsibility of SDIT Lukmanul Hakim students is very important in building good personalities and preparing them for the future. School environmental factors and the role of parents have a significant influence in forming these character values. Schools must creating an environment that supports and promotes the values of discipline and responsibility, while parents need to set an example and support the formation of this character at home. Interactive teaching methods can help students understand the importance of discipline and responsibility in everyday life.
Keywords: Character Values; Discipline and Responsibility.
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mejawab Pola Pembentukkan Nilai Karakter Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Pada Siswa KelasIV SDIT LUKMANUL HAKIM. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitataif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan Teknikdata deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber dari guruwali kelas IV deskripsi data yang dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangualasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pembentukkan nilai karakter kedisiplinan dan tanggung jawab siswa SDIT Lukmanul Hakim sangat penting dalam membangun kepribadian yang baik dan mempersiapkan mereka untuk masa depan.Faktor lingkungan sekolah dan peran orang tua memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukkan nilai karakter tersebut.Sekolah harus menciptakan lingkungan yang mendukung dan mempromosikan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab, sedangkan orang tua perlu memberikan contoh dan mendukung pembentukkan karakter tersebut dirumah.Metode pengajaran yang interaktif dapat membantu siswa memahami pentingnya kedisiplinan dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Nilai Karakter; Kedisiplinan dan Tanggung Jawab.
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo,Sutarjo “Pembelajaran niali Karakter : Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif,” (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), Muhammad Ali, Muhammad Astori, “Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik”, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Depag RI Anggito Albi & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi: CV Jejak, 2018). Anjani, Rovilailatul “Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Siswa di Smp AL-Azhar Selapa Gading Surabaya”. ( Skipsi, FTK UINSA Surabaya, 2019). Dahlan, “Pengertian Minat Menurut Para Ahli”http://dahlansyuhada 25. Blogspot. Com/2013/12/ Pengertian-minat-menurut-para-ahli.hml Dakhi, Agustin Sukses S.Sos., .Pd., “Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa” (Grup Penerbitan CV Budi Utama :2020). Dr. Yaumi, Muhammad M. Hum, M.A., “Pendidikan Krakter: Landasan Pilar Dan Implementasi” (Jl, Tambara raya No.23 Rawamangun, Jakarta: 2014). Drs.Tsauru,Sofyan MM “ Pendidikan Karakter ” (IAIN Jamber Press, Jl. Mataram No, 1 Mangli Jamber : 2015. Fajar Hafidz Muhammad dan Ana Andrian, “Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Platfrom Whatsapp Group Pada Peserta Didik”, Jurnal JRPP, Vol. 4 No 2, (Desember 2021). Fitri, Agus Zainul “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah”, (Jogjakarta : Ar-Ruzz. Media, 2017) Gunawan, Heri S.Pd.I., M.Ag., “Pendidikan Karakter konsep dan implementasi” (Penerbit Alfabeta, Bandung : 2014). J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT Grasindo, 2010). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018). 2024 [Pola Pembentukan Nilai……, Adinda Daaliwa, dkk] Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 238 4 No. 2 Tahun 2024 Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengertian Tanggung Jawab 28 Januari 2018 Karana,Purwatmaja Listiadhi “Kontribusi Sistem Poin Negatif Rainforcement Terhadap Afektif Disiplin Siswa Kelas III B Sd Negeri Golo Yogyakarta”, (Skripsi, FIP UNY Yogyakarta, 2015). Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya. khaerunnisa, Novita sutiyono “penanan karakter disiplin V dan tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V di SD NU” jurnal penelitian pendidikan dasar, vol.1, no 1 (juni 2023) wibowo, Agus “pendidikan karakter,” Maksudin “Pendidikan Karakter Non-Dikotonik” (Yogyakarta: Pustaka Pelajar :2013). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018). Sukiyat, Strategi Implementasi Pendidikan Karakter, (Jakarta: CV. Jakad Media Publishing, 2020) Suyadi, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter” (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013) Wiyani, Novan Ardy “Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD”,(Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013) Kasmir Rasido S.Pd, Wali Kelas IV SDIT Lukamanul Hakim, Wawancara, Gorontalo, 7 Desember 2023 Hasil Observasi Yang Dilakukan pada 7 desember 2023 di Sekolah SDIT Lukmanul Hakim Yunarti, Yuyun Pendidikan kea rah Pembentukkan Karakter, Jurnal Tabawiyah Volume 11, Nomor 2, juli-desember 2014 Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta:Kencana,2011).
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.11774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah