MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA

Nurul Angraini Mahiya (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Herson Anwar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Zohrawati Hiola (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Berdarsarkan observasi awal yang peneliti dapati, hasil belajar siswa kelas V di SDN 10 Limboto,  pada pembelajaran ipa sangat rendah, di mana kriteria ketuntasan  minimal 70, masih ada sekitar 16 orang yang nilainya di bawah KKM, yang di karenakan beberapa faktor yang ada, salah satunya penggunaan metode dan model pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran ipa jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA tema Lingkungan Sahabatku dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% . indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 90% pada pelajaran IPA tema Lingkungan Sahabatku.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriono. 2018. “Psikologi Belajar”. Jakarta : Rineka Cipta.

Anitah, Sri. 2017. “Strategi Pembelajaran di SD”. Jakarta: CV Budi Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2014. "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik". Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi. 2018. “Evaluasi program pendidikan”. jakartra : bumi Askara.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini. 2018. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawanti. 2018. “Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH”. Jakarta : Grasindo.

Douglas, Greer, R. 2016. Designing Teaching Strategies. California : Academic Press.

(Ilmu et al., 2020)

(Ilmu et al., 2020)

Fitriani. 2016. “pengaruh model pembelajaran Course Riview Horay terhadap hasil belajar bahasa indonesia keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas v SD paccinongan kabupaten gowa 2012/2013.

Fitriani. 2016. pengaruh model pembelajaran Course Riview Horay terhadap hasil belajar bahasa indonesia keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas v SD paccinongan kabupaten gowa 2012/2013.

Imas Kurniasih. 2015. “MODEL PEMBELAJARAN”. Yogyakarta: Deepublish.

Istiqomah, Hascita and Suyadi Suyadi. 2018 "Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran". Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta.

Istiqomah, Hascita and Suyadi Suyadi. 2019. “Perkembangan Fisisk Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo”. El Midad. Vol. 1, No. 02.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kementerian Agama RI. 2015. Mushaf Al-Misyikat: Al-Qur’an Terjemahan Perkomponen Ayat. Bandung: Al-Mizan.

Laily, Iftita Nuru. 2022. penjelasan rantai makanan dalam ekosistem lengkap dengan gambar.

Lie, Anita. 2017. Mempraktikkan Cooperative Learning Di Kelas Kita. Jakarta: Grafindo.

(Mujakir, “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar”, h. 83, n.d.)

Purwanto. 2016. “Evaluasi hasil belajar”. yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2016. Evaluasi hasil belajar. yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puskur. 2017. Kajian Kebijakan Kurikulum Keterampilan. Jakarta: Dekdikbud.

Qutub, (Sayid Qutub, “Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur‟an Dan Hadits”, Humaniora, No. 2 (Oktober 2011), h. 1340, n.d.)

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Indeks.

Sani, Berlin. 2016. “Model Pembelajaran Tipe Course Review Horay”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suryanti,Dkk.2022.”Buku Ilmu Ligkungan”. Jakarta : kencana.

Saputro. "Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inquiri Pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumoga WE 04“,h. 928’; ‘Mujakir, “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar”.

Sardiman A.M. 2016. "Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar".

(A.M, 2006)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: ArRuzz Media.

Slamet. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

(Slavin.Cooverative Learning. (Bandung : Nusa Media, 2008), h. 23, n.d.)

Soedjadi, R. 2020. Kiat Pendidikan IPA Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

(Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, h. 172, n.d.)

(Trianto.Strategi-Strategi Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009), h. 87, n.d.)

A.M, S. (2006). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 56.

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar ..., h. 167. (n.d.).

Anita lie. Mempraktikkan Cooperative Learning di Kelas kita. (Jakarta: Grafindo, 2007), h. 76. (n.d.).

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar_Ruzz Media, 2014), h. 55-56. (n.d.).

Greer, R. Douglas. Designing Teaching Strategies. (California : academic press, 2002), h. 67. (n.d.).

Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626

Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2020). Media pembelajaran. Media Pembelajaran, 8.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900

Kementerian Agama RI, Mushaf Al-Misyikat: Al-Qur’an Terjemahan Perkomponen Ayat, (Bandung: Al-Mizan, 2011), h. 20. (n.d.).

Mujakir, “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”, h. 83. (n.d.).

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010), Cet. Ke-6, h. 220. (n.d.).

R. Soedjadi, Kiat Pendidikan IPA di Indonesia, (Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2000), h. 37. (n.d.).

Saputro, “Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inquiri Pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumoga WE 04“,h. 928. (n.d.).

Sayid Qutub, “Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur‟an dan Hadits”, Humaniora, No. 2 (Oktober 2011), h. 1340. (n.d.).

Siregar, A. R., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., Addary, A., Harahap, A., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Addary, A. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sd N 200103. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 75–79.

Slavin.Cooverative Learning. (Bandung : Nusa Media, 2008), h. 23. (n.d.).

Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014), h. 135. (n.d.).

Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, h. 172. (n.d.).

Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.

Trianto.Strategi-strategi Pembelajaran Inovatif berorientasi konstruktivistik. (Jakarta: Prestasi pustaka, 2009), h. 87. (n.d.).

Usman Samatowa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Indeks, 2016), h. 3. (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v5i1.11791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah