PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DI SDN 099 MASAMBA

Fitrah Nadhifah (Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia)

Abstract


Media pembelajaran berbasis video animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 099 Masamba bertujuan untukmengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan media video animasi dalam proses pembelajaran, mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa meningkag setelah diterapkan media video animasi dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada siklus I mendapat nilai kategori baik, pada siklus II meningkat kategori amat baik. Aktivitas siswa melalui media pembelajaran berbasis video animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I mendapat kategori baik, pada siklus II meningkat dengan kategori amat baik. Kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media pembelajaran berbasis video animasi di SDN 099 Masamba pada siklus I mendapat nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II meningkat dengan_ nilai rata-rata 81% dan persentase ketuntasan 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran berbasis video animasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 099 Masamba.


Full Text:

PDF

References


Abduh, Nurul Khairani. “Pemanfaatan Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP.” RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 11, no. 1 (2018): 40–47.

Afandi, Muhamad. Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Penerbit Nem, 2021.

Ahmad, Jumal. Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan. Deepublish, 2020.

Bandura, Albert. “8 Teori Belajar Sosial Sebuah Bandura. Pengaturan diri dan Kognisi dalam Perilaku,” t.t.

Campbell, Donald T. “Blind Variation and Selective Retentions In Creative Thought As In Other Knowledge Processes.” Psychological review 67, no. 6 (1960): 380.

Data, Teknik Pengumpulan. “Instrumen Penelitian.” Kisi-Kisi Instrumen, 2015.

Departemen Agama, R. I. “Al-Qur’an dan Terjemahnya.” Bandung: Diponegoro 336 (2005).

Desi, Nila Sari. “Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Muatan Peristiwa Proklamasi dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 4 BAJUR TAHUN AJARAN 2021/2022.” Universitas_Muhammadiyah_Mataram, 2022.

Dewey, John. “How We Think [e-book].” Lexington, MA: DC Heath, 1910.

Ennis, Robert H. “An appraisal of the Watson-Glaser critical thinking appraisal.” The Journal of Educational Research 52, no. 4 (1958): 155–58.

Ghozaly, Feisal. “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,” 2018.

Hisbullah, Hisbullah, dan Firman Firman. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar.” Cokroaminoto Journal of Primary Education 2, no. 2 (2019): 100–113.

Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media, 2020.

Lismawati, 180209056. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar.” Other, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2023.

Mu’minah, Iim Halimatul. “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19.” Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021 1, no. 1 (2021).

Mustaqim, Ilmawan. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan 13, no. 2 (2016).

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal misykat 3, no. 1 (2018).

Parnawi, Afi. Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish, 2020.

Ramdhan, Muhammad. Metode penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

Rochmania, Desty Dwi, dan Arina Restian. “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol 6, no. 3 (2022).

Sarassati, Renovita, Amrullah Amrullah, dan Ahmad Saipullah. “Media Video Animasi 3d sebagai Salah Satu Pembelajaran.” Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science 4, no. 1 (t.t.).

Sumartini, Tina Sri. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2016).

Suryana, Ermis, Marni Prasyur Aprina, dan Kasinyo Harto. “Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 7 (2022).

Wahyuni, Molli, dan Nini Ariyani. Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Edu Publisher, 2020.

Wibowo, Hari. Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media, 2020.

Yahaya, A., dan Nurfaizah Abd Majid. “Teori Dan Model Berkenaan dengan Gaya Pembelajaran.” Universiti Teknologi Malaysia, 1984.

Zakaria, Zakaria, Tekat Sukomardojo, Sugiyem Sugiyem, Geofakta Razali, dan Iskandar Iskandar. “Menyiapkan Siswa untuk Karir Masa Depan Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi : Meninjau Peran Penting Kecerdasan Buatan.” Journal on Education 5, no. 4 (29 Maret 2023).




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.11933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah