MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALU MODEL KOOPERATIF BAMBO DANCING PADA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Sherina Bahansubu (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Herson Anwar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Zohrawaty Hiola (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


AbstractThe formulation of the problem in this research is "Can the Bambo Dancing Cooperative learning model improve the cognitive learning outcomes of class IV students at SD Muhammadiyah 2 Limboto". This type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this research were 20 grade IV students at SD Muhammadiyah 2 Limboto. Data collection techniques use observation and documentation. The success indicator is marked as a minimum of 90% of the number of students who achieve the KKM score. Based on the research results, it shows that the application of the Bambo Dancing learning model to fourth grade students at SD Muhammadiyah 2 Limboto can improve student learning outcomes in science learning alternative energy sources. Student learning outcomes increased after taking action in cycle I by 60%. Student learning outcomes increased again in cycle II to 85% which had reached the KKM. This means that in cycle II students increased by 25%. Thus, it can be concluded that using the Bambo Dancing learning model can increase student learning activities in science learning in class IV at SD Muhammadiyah 2 Limboto.Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Bambo Dancing Model, Science Learning Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Kooperatif Bambo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan ditandai minimal 90% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Bambo Dancing pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto dapat meningkat hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sumber energi alternatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 60%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 85% yang telah mecapai KKM. Artinya, pada siklus II siswa meningkat sebesar 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Bambo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPAdi kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif Bambo Dancing, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Asih, dkk. 2014. Metode Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziizu, Burhan Yusuf Abdul. 2021. Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. JurnalUNPAD.Vol. 02, No. 2.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. “Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C.”.

Craton dan Smith. 2018. kooperatif learning. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Dea Wahyu Candani, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Kelas V Pada SDN 5 Pahandut Plangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015”.(Diunduh pada 26 mei 2015).

Dimyati dan Mujiono. 2019. Belajar dan Pengajaran.Yogyakarta: BumiAksara. Hamdani. 2018. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Alfabeta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2018. Konsep dan Strategi Pembelajaran.Bandung: PT. Refika Adinata.

Huda, Miftahul. 2019. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2019. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung : Alfabeta Cet4.

Jihad, dkk. 2018. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressinddo.

Komaruddin. 2016. Metode Penulisan Skripsi dan Tesis. Universitas Bengkulu.

Marten, Paolo. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung. Jakarta: Alfabet.

Roswandi. 2013. Pisikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.

Sanjaya, Wna. 2019. Perencanaan dan Desain Sistim Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group.

SusantoAhmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Predanamedia Group.

Shoimin. 2013. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Shoimin. 2016. Model Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2018. Belajar dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta.

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-Faktor. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Slameto. 2020. Faktor-Faktor Belajar. Jakarta: remaja Rosdakarya.

Subianto.2019. Konsep IPA Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jakarta: BumiAksara. Sudjana, dkk. 2015. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana,Nana. 2019. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar baru.

Sugiati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bamboo dalam Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN 3Grenggeng tahun pelajaran 2012/2013. Di unduh pada 29 oktober 2015.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning teori & Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Kencana.

Surahman, dkk. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3, No. 4.

Syah, Muhibbin. 2016. psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers PT Raja Grafindo Perseda.

Syah, Muhibin. 2017. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syarifi, Sumantri Moh. 2015. strategi Pembelajaran.Kota Depok: PT

Rajagrafindo.

Universitas pahlawan tuanku tambusai. 2022. Pengertian Pendidikan Menurut UU No. 20 tahun 2003.Jurnal pendidikan dan konseling.Vol. 4, No. 6.

Usman. 2019. Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Usman. 2020. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cetakan ke-II. Jakarta: Indeks

Wahyono, Budi dan Setyo Murachmadi. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Nasional.

Yuliana, Dwi. 2019. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak, cet keII. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.12023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah