PENERAPAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA CITA CITAKU

Anna Marlina (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lamsike Pateda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Sitti Rahmawati Talango (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Abstract

This research aims to improve the reading comprehension skills of fourth grade students through the application of the Direct Reading Thinking Activity (DRTA) strategy. Based on initial observations, the reading comprehension ability of class IV students is relatively low, seen from the low reading comprehension evaluation data, only 8 students reached the KKM out of 23 students. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this research were 23 class IV students. The Kemmis & Mc Taggart model research design consists of 4 stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques use: tests, observation and documentation. The results of this research show that the Direct Reading Thinking Activity (DRTA) strategy can improve the reading comprehension skills of fourth grade students at SDN 19 Limboto. The average increase in the reading comprehension ability score in cycle I was 7.26, the initial condition was 57.52, increasing to 64.78, and the increase in cycle II was 20, the initial condition was 57.52, increasing to 84.78. The percentage of students who have achieved the KKM has increased from cycle I which was originally 60.86% to 86.95%.

Keywords: Reading Comprehension, DRTA Strategy, Indonesian

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV melalui penerapan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA). Berdasarkan observasi awal kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV tergolong rendah dilihat dari data hasil evaluasi membaca pemahaman yang rendah hanya 8 siswa yang mencapai KKM dari 23 siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan: tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 19 Limboto. Peningkatan rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman Pada siklus I sebesar 7,26 yang kondisi awal 57,52 meningkat menjadi 64,78 dan peningkatan pada siklus II sebesar 20 yang kondisi awa 57,52 meningkat menjadi 84,78. Presentase siswa telah mencapai KKM meningkat dari siklus I yang semula 60,86% meningkat menjadi 86,95%.

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Strategi DRTA, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Achmad Muparok. 2013 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan Kemerdekaan RI Melalui Media Visual pada Pembelajaran IPS” Universitas Pendidikan Indonesi:repository.upi.edu.

Aresty Dwika Aureli, Suparno, 2023“Analisi Faktor-Faktor Pendorong Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari”. Ringkang.Vol.3,hal.452

Aziz, Rosmiyati. 2020. “Pengantar Administrasi Pendidikan”. Yogyakarta: Sibuku.

Bunadi, Ni Made Rusni. 2014. Penerapan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar untuk meningkatkan keterampilan membaca cerpen pada siswa kelas vii E SMP Negri 4 Kubutambahan. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Undiksha Vol. 2, No. 1.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dila, Sari Puspita. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN 1 Rabak Kabupaten purbalingga. Jurnal METAFORA Vol.2, No. 1.

Dintasari, Rizky Lia. 2016. Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif kelas IV SDN 1 Sedayu. Jurnal UNY.

Grace Eirin “Menentukan Kalimat Utama dalam Paragraf, Materi kelas 4 SD” (https://bobo.grid.id/read/084087995/cara-menentukan-kalimat-utama-dalam-paragraf-materi-kelas-4-sd)

I’anatut Tolibin, 2014 “Pengaruh Penggunaan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa kelas V Miss Sidoarjo”, Yogyakarta:UNY.

Ida, Laily Farida. 2019. Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Vol. 3, No. 1.

Komaruddin. 2016. Metode Penulisan Skripsi dan Tesis. Universitas Bengkulu

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Peneliti Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Kusumah, dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan

Lalu Edwin Deni, dkk. 2021. Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking ActivityTerhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Gunung Sari. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 1.

Mega Silvana, Arini. Peningkatan Membaca Pemahaman Cerpen Menggunakan Strategi Metakognitif dan Teknik Membaca Retensi. (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.2 No.1.2017

Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018. Model-ModeL Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Pateda Lamsike, dkk. 2021. Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity(DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal Vol. 2, No. 1.

Pertiwi, nurma intan. 2019. Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha Vol. 7, No. 3.

Riyadi, Mujadiddid Faisal Matsuri. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.

Rosmiyati Aziz. 2017. Pengantar Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Sibuku.

Santoso, Hari. 2011. Teknik dan Strategi dalam Membangun Minat Baca. Univesiritas Negeri Malang.

Siti sulistiyani pamuji, M.Pd dan Inung setyami, S.S.,MA. 2021. KETERAMPILAN BERBAHASA. Guepedia: The First On-Publisher in Indonesia.

Sugiarti Uci. 2015. PENTINGNYA PEMBINAAN KEGIATAN MEMBACA SEBAGAI IMPLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.” Sugiarti. Vol. 1, No. 1.

Sugiono, 2019 “Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Bandung:Alfabeta.

Sugiono, dkk. 2018 “Peta Jalan Pendidikan Indonesia”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandun: Akfabeta.

Suharsimi Arikunto 2018 ”Evaluasi Program Pendidikan”. Jakarta:Bumi Aksara

Sumira, Dika Zuchdan. 2017. Pengaruh Metode Scamble terhadap kemampuan membaca pemahaman interpersonal siswa SD. Indonesia Journal of Primary Education. Vol. 1, No. 2.

Tajuddin, Nilawati. 2014. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandar Lampung : Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagi Keterampilan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Tukiran Taniredja dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.12025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah