PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan membaca permulaan, penerapan model direct instruction berbasis media kartu, dan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 50 Bulu Datu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk mengidentifikasi kecenderungan dalam kegiatan pembelajaran. Guna mendapatkan data yang dibutuhkan maka digunakan teknik pengumpulan data yaitu tes tulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat 3 siswa yang memenuhi nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan dengan nilai ≥35, sementara 19 siswa atau 86% lainnya masih belum memenuhi nilai rata-rata ketuntasan kemampuan membaca. Penerapan model direct instruction berbasis media kartu membuat siswa semangat dan memiliki antusiasme yang tinggi dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan memberikan instruksi yang jelas dan dukungan visual yang efektif, sesuai dengan teori yang mendukung penggunaan media dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abu Abdullah Muhammad bin Yazid Al-Qazwiiniy, Sunan IbnuMajah, Kitab. Al-Muqaddimah, Juz 1, No. 224, (Beirut-Libanon: Darul Fikri, 1981 M), h. 81.
Abdullah Shonhaji dkk, Tarjamah Sunan Ibnu Majah, Jilid 1, Cet. 1, (CV. Asy-Syifa: Semarang, 1992), h. 181-182.
Argi Eko Siswanto, Anisa Amini, Vika Notalia Isa, Mayang Sari, Dastrinelli, “Application of Flash Card Media in Improving Beginning,” Jurnal Basicedu, Vol. 6.No.1 (2023), 95 <http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/27444>
Asmonah, Siti, “Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar,” Jurnal Pendidikan Anak, 8.1 (2020), 66–77 <https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682>
Durrotunnisa, dan Hanita Ratna Nur, “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 5.No. 5 (2020), 28–29 <https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971>
Fajaryanti, Mare Asia, Meita Fitrianawati, dan Rusmimawarti Rusmimawarti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar di SDN Gebangan,” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 11.No. 2 (2023), 59–60 <https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.78624>
Firman, Sukirman, Nurul Aswar, dan Mirnawati Mirnawati, “Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat BacaFirman, Sukirman, Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–6,” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7.1 (2021), 46–61
Herlina, Emmi Silvia, Institut Agama, Kristen Negeri, dan Iakn Tarutung, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Journal of Science Education Research, Vol. 5.No. 4 (2020), 11–12 <https://doi.org/https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290>
Indarwati, 2018, “Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kuantum Dan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Anak Tunarungu. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 2.No. 1 (2018), 11–12 <https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/164>
Laely, Khusnul, “Melalui Penerapan Media Kartu Gambar Paud Pps Universitas Negeri Jakarta Kalinegoro Dengan Cara Dipaksakan Yaitu Anak,” Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7.No. 2 (2013), 2–3 <http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/45>
Mare Asia Fajaryanti, Meita Fitrianawati, Rusmimawarti Rusmimawarti, “Penerapan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas I Sdn 14/I Sungai Baung,” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 6.No. 1 (2023), 95–96 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7544>
Mulyati, Yeti, “Hakikat Keterampilan Berbahasa,” Hakikat Keterampilan Berbahasa, Vol. 3.No. 2 (2020), 8–9 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1209>
———, “Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD,” Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, Vol. 3.No. 5 (2022), 1–34 <https://www.academia.edu/92463077>
Musaddat, Syaiful, Ni Ketut Suarni, Nyoman Dantes, Ida Bagus Putrayasa, dan Gede Rasben Dantes, “Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Sebagai Bahan Literasi Bahasa Berbasis Kelas serta Pengaruhnya terhadap Karakter Sosial dan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 7.No. 3 (2021), 56 <https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2123>
Ningsih, Agus Tia, Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri 66 Pekanbaru, Perpustakaan Universitas Pekan Baru, 2022, Vol. 1 <http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104>
Nisaa, An, dan Nurul Sabilla, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IB SDIT Arafah Depok Melalui Metode Drill dan Practice Dengan Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 8.No. 4 (2020), 1–29 <https://www.academia.edu/92463077>
Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, dan Hatma Heris Mahendra, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 5.No. 3 (2021), 58–59 <https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907>
Pramesti, Fitria, “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2.No. 3 (2018), 283 <https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144>
Puspaningrum, Ajeng Savitri, Suaidah Suaidah, dan Andre Chandra Laudhana, “Media Pembelajaran Tenses Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 1.N0. 1 (2020), 25–35 <https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.150>
Sabirin, Muhammad, “Implemantasi Budaya Membaca Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah,” Jurnal Basicedu, Vol. 5.No. 8 (2022), 11 <https://doi.org/10.31237/osf.io/h4ufy>
Sari, Nelpita, Musnar Indra Daulay, dan Nurhaswinda Nurhaswinda, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (Sas) Di Sekolah Dasar,” Journal on Teacher Education, Vol. 2.No. 1 (2020), 25 <https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1209>
Setiawan, Ananda, Muhammad Rahmattullah, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Maulana Rizky, dan Achmad Mustofa, “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran dengan Moodle sebagai Media Pembelajaran: Metode Literatur,” PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), Vol. 1.No. 2 (2021), 8–9 <https://doi.org/10.20527/pakis.v1i2.3980>
Solikhah, A, “Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas Ii SD,” Jurnal FKIP UMP, Vol. 6.No. 9 (2016), 32 <http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1047%0Ahttp://repository.upy.ac.id/1047/1/DOKUMEN BAB I.pdf>
Sukmawaty, Sukmawaty, Firman Firman, Mirnawati Mirnawati, Sukirman Sukirman, dan Nurul Aswar, “Pendampingan literasi menulis siswa SD 637 Bonglo melalui kemah literasi,” Madaniya, 4.2 (2023), 567–73 <https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/432>
Supratman, Edi, dan Fitri Purwaningtias, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, Vol. 3.No. 3 (2021), 310–11 <https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958>
Windu, I Gusti Ngurah Adhi, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn dengan Pembelajaran Direct Instruction berbantukan Google Classroom,” Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 8.No. 2 (2021), 6–7 <https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1715>
Zubaidah, Enny, “Kesulitan Membaca Permulaan,” Kesulitan Membaca Permulaan, Vol. 7.No. 9 (2013), 122 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719>
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.12390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah