IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN CACAH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar assesment formatif siswa di kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan yang masih rendah, terutama mengenai materi bilangan cacah besar. Penelitian ini memiliki tujuan, yakni untuk memberikan peningkatan terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan pada materi bilangan cacah besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengikuti empat tahapan ilmiah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pemberian tes dan observasi. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa data hasil tes prasiklus memperoleh rata-rata kelas 39,34 dan tingkat ketuntasan 30,43%. Pada siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata kelas 41,73 dengan tingkat ketuntasan 34,78%. Pada siklus I pertemuan 2, nilai rata-rata kelas 61,30 dan tingkat ketuntasan 47,82%. Tingkat ketuntasan siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 60,86% dengan nilai rata-rata 68,26. Kemudian tingkat ketuntasan siswa pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 78,26% dengan nilai rata-rata 81,95. Setelah memenuhi indikator tindakan yang dimaksudkan peneliti, penelitian dihentikan pada siklus II pertemuan 2. Hasil akhir penelitian ini juga memberikan implikasi bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, pemecahan masalah, dan komunikasi serta menciptakan struktur pembelajaran yang lebih sistematis dan terorganisir. Therefore, it can be concluded that through the application of the problem-based learning model, students' mathematics learning outcomes can improve on the material of large integers in class IV of SD Negeri 200223 Padangsidimpuan.
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Fakhruddin, dkk. (2022). Implementasi Pembelajaran STEM dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan dan Tantangan pada Guru SMP. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. Volume 7(1), hlm. 71-81.
Fauzan, dkk. (2020). Microteaching di SD/MI. Jakarta: Kencana.
Syamsidah & Hamidah. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Harahap, Asriana. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1(1), hlm. 21-38.
Harahap, Asriana. (2023). Efektivitas Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran dalam Menghadapi Era Society 5.0 . Jurnal Pendidikan, Volume 12(1), hlm.29-44.
Harefa, Ahmad Din. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Volume 2(1), hlm 144-151 .
Hendracita, Nana. (2021). Model-Model Pembelajaran SD. Bandung: Multi Kreasi Press.
Lubis, Maulana Arafat. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Lubis, Sri Mulyani. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Penggunaan Model Problem Based Learning Berbentuk Kartu Domino Materi Pemecahan pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Sitiris-Tiris Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi (Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan).
Nasution, Suri Wahyuni. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar . Jurnal Prosiding Pendidikan Dasar , Volume 1(1), hlm. 135-142.
Nurmala, (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Mangkura 4 Kota Makassar . Skripsi (Makassar: Muhammadiyah Makassar).
Putri, Yulia Eka, dkk. (2023). Pendidian Untuk Masa Depan Indonesia. Surabaya: Global Aksara Pers.
Rahayu Restu, dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, Volume 6(4), hlm. 6313-6319.
Rahmadayanti, Dewi dan Agung Hartoyo. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6(2), hlm. 7174-7187.
Sukmawarti, dkk., (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4(1), hlm. 10-18.
Sutoyo, (2021). Teknik Penulisan Penelitian Kelas. Surakarta: UNISRI Press.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.12400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah