PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VI DI SDN 54 SALUPIKUNG

Windi Windi (IAIN PALOPO, Indonesia)
Nurul Aswar (IAIN PALOPO, Indonesia)
Salmilah Salmilah (IAIN PALOPO)

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai peningkatan keterampilan menulis siswa menggunakan model example non example di SDN 54 Salupikung pada pembelajaran tematik di kelas VI A SDN 54 Salupikung kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa menggunakan model example non example. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VI A SDN 54 Salupikung Kota Palopo berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa yang memenuhi KKM 70 mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada pra-siklus, siswa yang mencapai KKM sebanyak 56%, kemudian meningkat menjadi 75% pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II  mencapai 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Example Non-Example dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VI di SDN 54 Salupikung, Kota Palopo.

 


Full Text:

PDF

References


Abduh, Nurul Khairani, Andoyo Sastromiharjo, and Dadang S. Anshori. “Pola Argumentasi Pada Genre Teks Eksposisi Karangan Siswa Sma.” RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Vol.12, no. No.1 (2019): 71. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7372.

Abdurrahman. “Jurnal Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Vol.13, no. No.1 (2023): 16–34. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd.

Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah, Sunan At-Tirmidzi, Kitab. Al-Ilmu, Juz. 4, No. 2654, (Beirut- Libanon: Darul Fikri, 1994), h. 294.

Alauddin, A, I Lestari, and N Aswar. “Analysis of Collaborative Learning Implementation for Achieving Learning Outcomes Based on Mastery Standards in Islamic Education Subject.” Didaktika: Jurnal Vol. 12, no. No. 3 (2023): 231–40. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/220%0Ahttps://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/download/220/140.

Alexander, Ferdinant, and Fenni Regina Pono. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) Vol.1, no. No.2 (2019): 110–26. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.21.

Alice Fransisca Soplanit. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong.” Jurnal Pendidikan Vol.7, no. No.2 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.304.

Nurul Aswar. “Analysis of Project Assignments on Cultural Arts Learning on Student Learning Independence” 2, no. No. 2 (2023): 74–84.

Aswat, Hajratul, Meri Basri, Muhammad Ismail Kaleppon, and Azwandi Sofian. “Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Vol. 2, no. No. 1 (2019): 11.

Chusnul Khatima, Salmilah, Mirnawati. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Kependidikan Vol.12, no. No.2 (2023): 125–36. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/200.

Mirna Fitriani. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas V Di Sdn 24 Temmalebba Kecamatan Bara Kota Palopo.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Vol.1, no. No.2 (2019): 161–72. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.403.

Helaludin. “Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi Dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan Di Perguruan Tinggi.” Pendais Vol. 1, no. No. 3 (2019): 44–55. https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218.

Helda, Trisna, Rahayu Fitri, and Titiek Fujita Yusandra. “Hubungan Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Keterampilan Menulis Jenis-Jenis Karangan.” Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya Vol.4, no. No.2 (2020): 164. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4122.

Henry Guntur, Tarigan. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung, 2008.

Herlambang, Moh. “Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Syair Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas.” Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2, no. No. 4 (2019): 3–6. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/498.

Jayanti, Fitri, and Fachrurazi Fachrurazi. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran Vol. 6, no. No. 2 (2020): 329. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2491.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Unit Percetakan Al-Qur’an: Bogor, 2018), h. 102.

Khodijah, Siti. “Peran Guru Kelas Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SDN I Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.” Skripsi Vol. 1 (2023): 121.

Mirnawati, Baderiah, Fingki Tandi, Salmilah, and Firman. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sinestesia Vol.12, no. No.1 (2022): 165–77. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/166%0Ahttps://www.sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/download/166/55.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media, 2017.

Nuryadi et al., Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Sibuku Media, 2017.

Rohmawati, Erva Agua, and Hari Wahyono. “Strategi Kata Utama Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di Sma N 3 Magelang.” Indonesian Journal of Education and Learning Vol. 3, no. No. 2 (2020): 360. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2510.

Sari, Putri Oktavia Wulan, Naniek Sulistya Wardani, and Tego Prasetyo. “Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 3, no. No. 3 (2019): 324. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19457.

Siagian, Gunaria. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Arthropoda Di SMP.” Jurnal Basicedu Vol.5, no. No.6 (2021): 5802–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1498.

Susanto. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta, 2013.

Tarigan, H. G. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung, 1981.hal.1

Umayah, Yayah. “Penerapan Model Discovery Learning Dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol.2, no. No.2 (2019): 74. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778.

Wicesa Ratna Istiqomah, Aningsi. “Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol.11, no. No.2 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i2.7184.

Zainal, Zaid, and Maryam. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare.” Journal of Mathematics Education and Science 5, no. No. 2 (2020): 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.12431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah