IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SBDP
Abstract
Abstract
This study aims to evaluate the improvement in learning outcomes of second -grade students at
SDN 7 Limboto in the subject of Arts, Culture, and Crafts (SBDP). The research methodology
employed is Classroom Action Research (CAR). The participants are 13 second-grade students
from SDN 7 Limboto, consisting of 10 boys and 3 girls. The investigation is conducted over 2
cycles, with each cycle comprising 2 meetings and 4 stages according to the Kemmis and Taggart
model: planning, action, observation, and reflection. The findings indicate that the implementation
of differentiated instruction through the Project-Based Learning model is effective in improving
students' learning outcomes in SBDP at SDN 7 Limboto. Data analysis in this study uses
descriptive percentage formulas to assess teacher activity, student activity, and student learning
outcomes. Specifically, there is progressive improvement between cycles, with Cycle I showing
teacher activity at 61.9%, student activity at 53.8%, and learning outcomes at 30.7%. In Cycle II,
teacher activity increased to 79.3%, student activity to 76.9%, and learning outcomes to 84.6%.
Based on these results, it can be concluded that differentiated instruction through the Project -
Based Learning model effectively enhances students' learning outcomes in SBDP at SDN 7
Limboto.
Keywords: Differentiated Learning; Project Based Learning Model; Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa kelas II di SDN 7
Limboto dalam mata pelajaran Seni, Budaya, dan Prakarya (SBDP). Metode yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 13 siswa kelas II di SDN 7
Limboto, terdiri dari 10 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap sesuai dengan model Kemmis
dan Taggart: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan instruksi yang terdifferensiasi melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek efektif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBDP di kelas II SDN 7 Limboto.
Data dianalisis menggunakan formula persentase deskriptif untuk menilai aktivitas guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar siswa. Secara khusus, ada peningkatan progresif antara siklus, di mana
pada Siklus I, aktivitas guru mencapai 61,9%, aktivitas siswa 53,8%, dan hasil belajar 30,7%,
sedangkan pada Siklus II, aktivitas guru meningkat menjadi 79,3%, aktivitas siswa 76,9%, dan
hasil belajar 84,6%. Dengan demikian, penerapan instruksi terdifferensiasi melalui model
Pembelajaran Berbasis Proyek terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran SBDP di kelas II SDN 7 Limboto.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi; Model Project Based Learning; Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Asyafah Abas. 2019. menimbang model pembelajaran (kajian teoritis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam) indonesian journal of islamic education. vol 6. No 1 Almuzhir.2022 penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX semester ganjil pada bimbingan TIK tentang penggunaan Dasar Internet atau Intranet diSMP NEGERI MARISA Tahun pelajaran 2021/2022. jurnal pengabdian masyarakat. vol 2.no 2 Astiti Kadek ayu. 2021. pengembangan modul ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas VII. jurnal pendidikan dan pembelajaran sains. vol 4 No 2. Amin Muhammad. 2022. penerapan model pembelajaran penjasorkes inovatif untuk mdeeningkatkan hasil belajar penjasorkes pada materi kebugaran jasmani siswa kelas v semester genap SD negeri 25, jurnal realita bimbingan dan konseling. Vol 7 No 1. Anggraeni Santi Nisfi. 2021. pengembangan bahan ajar kolase untuk memfasilitasi pembelajaran seni rupa anak usia dini. jurnal paud agapedia. vol 5 No1. Budiarti Arifah 2017 pengaruh model discovery learning dengan pendekatan scientific berbasis e-book pada ,materi rangkuman inductor terhadap hasil belajar siswa. vol.2 No.2 Erilia Erika. 2021. apa itu seni rupa dua dimensi dan contohnya, serta unsur-unsurnya/,https://tirto.id/apa-itu-seni-rupa-2-dimensi-dan-contohnya-serta-unsur-unsurnya-ggnF. Fahrezi Inszur, 2020. meta-analisis pengaruh Model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal ilmiah Pendidikan profesi guru. Vol 3 No 3. Fazia Nur M, Tri Linggo Wati. analisis kreativitas menggambar peserta didik kelas IV ditinjau dari aspek kemampuan tinggi, sedang, rendah Fitriani Siti. 2020. analisis materi pokok seni budaya dan prakarya (sbdp) kelas III MI/SD. jurnal pendidikan dasar islam. vol 7. No 1 Halida hashina Nikah. 2022. contoh karya seni rupa tiga dimensi jenis pengertian danfungsi/,https://tirto.id/contoh-karya-seni-rupa-3-dimensi-jenispengertian-dan-fungsi-gf8g.hidroponik didesa Kediri kecamatan Kediri kabupaten Lombok barat/, jurnal abdi mas TPB (WWW.abdimastpb.unram.ac.id), vol 3. No 1. H salim, 2015 penelitian tindakan kelas teori dan aplikasi bagi mahasiswa, guru mata pelajaran umum dan pendidikan agama islam disekola. medan perdana publishing. Helmiati, M.Ag. 2013 micro teaching melatih keterampilan dasar mengajar,/ Yogyakarta:Aswaja Persindo Mu’alimin. 2014. penelitian tindakan kelas teori dan praktik (pasuruan : ganding pustaka, 2014) Jatmiko Puguh Trias Henri, Rian surya Putra. 2017. Reflekesi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi deskolah penggerak. jurnal bahasa,sastra,dan pengajarannya. Komarika Sari Desty. 2022. pengaruh permainan melipat kertas/origami terhadap perkembangan motorik halus anak sekolah usia 4-5 tahun di tk kemala bhayangkari kabupaten bengkulu utara skripsi politeknik kesehatan Bengkulu. Khoerunnisa Putri, syifa masyhuril aqwal. 2020. analisis model-model pembelajaran/,http://ejournal.ac.id/index.php/fondatia. vol 4 No 1. Khalil Fakhrul irfan, 2021. pemanfaatan limbah botol plastik sebagai media Meilani Teniwut gambar dua dimensi, pengertian, ciri, dan contoh/, https://m.mediaindonesia.com/humaniora/537657/gambar-dua-dimensi-pengertian-ciri-dan-contoh. M. faqih seknum. 2013. strategi pembelajaran/,jurnal biologi science&education 2013. Vol 2 No 2. Meria ultra gusteti. 2022. pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika dikurikulum merdek. jurnal ilmiah pendidikan matematika dan statistika. vol 3 No 3. Mei indra jayanti. 2022. pembelajaran berdiferensiasi dalam prespektif richard l. arends dan kilcher:konsep, strategi, dan optimalisasi potensi belajar siswa. jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar. Vol 6 No 2. Mariyatul Qiptiyyah. 2020. peningkatan hasil belajar pkn materi kedudukan dan fungsi pancasila danfungsi pancasila melalui metode jigsaw kelas VII F Jurnal bimbingan dan konseling. vol 5 No 1. Masrul. 2019. optimalisasi superrvisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran di SMPN 6 Muntok semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. vol. 9 Mahananingtyas Elsinora. 2017 hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa pgsd. e-jurnal: www.jurnalpedagogika.org. Nugroho Tri Fauzan, 2022. macam-macam teknik membuat seni rupa tiga dimensi,ketahuiunsurunsurnya/,https://www.bola.com/ragam/read/4924172/macam-macam-teknik-membuat-seni-rupa-tiga-dimensi-ketahui-unsur-unsurnya. Nafisah Inas, 2018 pengaruh model project based learning melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap keterampilan berfikir kreatif peserta didik kelas VII di smp negeri 12 bandar lampung pada materi keanekaragaman mahluk hidup skripsi universitas agama islam negeri raden intan lampung. Nurhayati Atik, 2020 Peran pembelajaran seni budaya dan prakarya(sbdp) dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di sd islam harapan ibu school. Jurnal Pendidikan dan ilmu sosial. Vol 1 No 3. Nurkholis. 2019. Pendidikan dalam Upaya memajukan teknologi jurnal kependidikan, vol 1 No 1.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.12895
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah