PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MYSTERY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni (1). Bagaimana penggunaan media pembelajaran Mystery Box untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf melalui materi “Bunyi Apa” siswa kelas I SD Muhammadiyah 4 Limboto yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes soal, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan penelitian memiliki empat model yaitu: Persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran Mystery Box mampu meningkatkan kemampuan membaca huruf siswa kelas I SD Muhammadiyah 4 Limboto dapat dilihat dari dari jumlah-jumlah presentase yang didapatkan. Pada saat Pra-siklus persentase rata-rata yakni 65% sebelum dilakukan tindakan. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I nilai perserntase rata-rata meningkat yakni 90% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan nilai persentase 96%. Maka dengan itu media Mystery Box dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf.
Full Text:
PDFReferences
Ani Widayati, 2018, ‘Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87’, JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI.1 (2008), 87–93
Annisa, Dwi, ‘Jurnal Pendidikan Dan Konseling’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.1980 (2022), 1349–58
Arsyad A, ‘Media Pembelajaran’, 2011, 23–35
Astuti, Ayu Widi, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin, S Pg-paud, and Universitas Lampung, ‘Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Kemampuan’, 4.1 (2021), 73–81
Billah, Salsa, Studi Pendidikan, and Agama Islam, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Misteri Box Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di UPTD SD Negeri 02 Sialang Kecamatan Kapur IX’, 7 (2023), 21591–601
Dewi, Novitasari, Puteri Regina Asmarani, Nurul Azizah, Program Studi, Pendidikan Islam, and Anak Usia, ‘Perencanaan APE Misteri Box Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini’, MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No. (2023), 1–11
Diri, Efikasi, Stres Pengasuhan, Koping Orang, and Berkebutuhan Khusus, ‘Jurnal Smart Paud’, Smart Paud, 4.1 (2021), 11–22
Hasanah, Hasyim, ‘TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial)’, At-Taqaddum, 8.1 (2017), 21
Heldayani, Eni, M Meilyana, and T Tanzimah, ‘Pengaruh Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang’, Journal On Teacher Education, 4.1 (2022), 25–32
Hutuji, Mirawati, and Asriyati Nadjamuddin, ‘Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19’, Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2.1 (2021), 43–57
Ilmu, Jurnal, Pendidikan Jip, and Edisi Oktober, ‘Abstrak Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Mengarah Pada Pembentukan Empat Kompetensi Mendengar , Membaca , Menulis , Dan Secara Terintegratif . Hal Ini Dimaksudkan Agar Secara Utuh Dan Menyeluruh . Dengan Demikian Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia S’, 5.2 (2020)
Khasanah, Nur, ‘Pengaruh Model Talking Stick Berbantu Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar IPA’, 2021, 1–66
Latifah, ‘Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Kemampuan Personal Terhadap Kinerja Kantor Camat Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu’, Forum Ekonomi FEB UNMUL, 20.2 (2018), 87–96
Manungki, Isra, and M. Ramoend Manahung, ‘Metode Outdoor Learning Dan Minat Belajar’, EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2.1 (2021), 82–109
Miftah, M., ‘Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa’, Jurnal Kwangsan, 1.2 (2013), 95 https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105
RUSDI, MIFTAHUL, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box Pada Materi Paragraf Argumentasi Untuk Siswa Kelas Iv Di Sdn 4 Banda Aceh’, วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4.1 (2023), 88–100
Shofira, Nyssa, and Moh Asykuri, ‘Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini’, 1.1 (2022), 1–6
Simin, Febriati, and Yusuf Jafar, ‘Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4.3 (2020), 209
Sunanih, Sunanih, ‘Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa’, NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.1 (2017), 38–46
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v5i1.12898
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah