IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI ALWATHANIYAH KOTA GORONTALO

Gebiastika Kobandaha (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lamsike Pateda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Wiwik Pratiwi (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


AbstractThis study was motivated by the decline in students' learning outcomes in IPAS at Grade IV of MI Alwathaniyah. The aim of this research is to determine the improvement in students' learning outcomes by implementing the Cooperative Script method using Pop-Up Book media. This research employs Classroom Action Research (CAR) involving 22 students, consisting of 15 boys and 7 girls, conducted over two cycles. Each cycle comprises two meetings and follows the Kemmis and Taggart model, which includes planning, action, observation, and reflection. The results indicate that both teacher and student activities improved from Cycle I to Cycle II; teacher activity increased from 63% to 94%, student activity from 66.7% to 85.4%, and students' learning outcomes from 68.1% to 95.4%. In conclusion, the implementation of the Cooperative Script method with Pop-Up Book media is effective in enhancing students' learning outcomes in IPAS for Grade IV at MI Alwathaniyah. These findings are significant for improving the quality of education in schools.Keywords: Cooperative Script, Pop-Up Book, Learning Outcomes, IPAS LearningAbstrakAbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Alwathaniyah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan metode Cooperative Script menggunakan media Pop Up Book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 22 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 7 perempuan, selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan mengikuti model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II; aktivitas guru meningkat dari 63% menjadi 94%, aktivitas siswa dari 66,7% menjadi 85,4%, dan hasil belajar siswa dari 68,1% menjadi 95,4%. Kesimpulannya, penerapan metode Cooperative Script dengan media Pop Up Book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Alwathaniyah. Hasil penelitian ini penting untuk diterapkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.Kata Kunci: cooperative script, Pop Up Book, Hasil Belajar, pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Joko Tri Prasetya. 2007. Strategi Belajar Mengajar, untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK . Bandung: CV. Pustaka Setia.Tanzeh

Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

A, Sudjono. 2008. pengantar statistik pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Aditya Dodiet 2013. Data dan Metode Pengumpulan Data. Surakarta: Jurusan Akupunktur Poltekkes Kemenkes Surakarta.

A’la Miftahul. 2012. Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva Press.

Djamarah Syaiful Bahri. Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Devi Anggit Shita. Siti Maisaroh. 2017. Pengembangan Media Pelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia.vol. 3 No.2.

Dakhi Agustin sukses 2020. peningkatan hasil belajar siswa. dalam jurnal education and development. vol 8. no 2.

Diana Eka. moh. rofiki. 2020. analisis metode pembelajaran efektif di era new normal. dalam jurna JRPP. Vol 3. No 2 Hal, 338.

Firmadani Fifit. 2020. strategi dan implementasi pendidikan karakter pada era revolusi industri 4.0. dalam jurnal konferensi pendidikan nasional. vol 2. no 1.

fitri Amalia, dkk. 2021. ilmu pengetahuan alam dan sosial untuk kelas IV SD. jakarta : pusat kurikulum dan perbukuan badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi

Hamalik Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Horimah Husnul. 2020. penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Dalam jurnal edukasi. vol 7. no 2.

I komang Eri Karisma. Dkk. 2020. Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. dalam jurnal ilmiah sekolah dasar. Vol. 4. No. 2.

Jannah Dewi rahmawati noer. idam ragil widianto atmojo. 2022. media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. dalam jurnal basicedu. vol 6. no 1.

Kunandar. 2018. Guru Profesioanal Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumawati Naniek. 2022. pembelajaran ipa di sekolah dasar. solo: cv. Ae. Media grafika.

Kustandi Cecep. dady darmawan. 2020. pengembangan media pembelajaran. jakarta: KENCANA.

Melinda Vannisa Aviana. dkk. 2017. Pengembangan media vidio pembelajaran IPS berbasis virtual field trip (VFT) pada kelas V SDNU kraton – kencong. dalam jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran. malang. Vol 3 no 2.

Nurfadhillah Septy. Dkk. 2021. media pembelajaran. sukabumi: cv jejak.

Netriwati. Mai Sri Lena. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Lampung: Pertama Net.

Nuryani Sri. Dkk. 2023. impleentasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. dalam jurnal pendidikan dasar flobamorata. vol 4 no 2

Nata Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Susanto Ahmad. 2016. pengembangan pembelajaran IPS di sekolah dasar. jakarta: kharisma putra utama.

Suprijo Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasih Pakem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sari. dkk. 2019. modul media pembelajaran. bandung.

Sulastri. 2016. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Bangunharjo Bantul. Jurnal Pendidikan Tahun Ke-5. Vol 2. No 4.

Sari Sri Adelila. Uzzah Ulya. 2017. The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Sosial Sciences Education and Research.

supriatna Asep. dkk. 2021. penerapan metode pembelajaran cooperative script dalam meningkatan konsentrasi belajar siswa pada materi keragaman kenampakan dan pembagian wilayah waktu diindonesia. dalam jurnal tahsinia (jurnal karya ilmu dan ilmiah). vol 2. no 2.

Suehendro Bambang. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Bumu Aksara.

Sukarini Komang. ida bagus surya manuaba. 2021. vidio animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran ipa kelas IV sekolah dasar. Dalam Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 8. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.12983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah