PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Anna Fauziah (Universitas Lampung, Indonesia)
Adelia Ananda SP (Universitas Lampung, Indonesia)
Fara Diba Kofa (Universitas Lampung, Indonesia)
Supriyadi Supriyadi (Universitas Lampung, Indonesia)
Amrina Izzatika (Universitas Lampung, Indonesia)

Abstract


AbstrakKehidupan sehari-hari, termasuk pendidikan menjadikan teknologi digital memegang peranan yang sangat penting seiring dengan derasnya arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi literasi digital di sekolah dasar sebagai langkah awal dalam mengembangkan karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian literasi digital pertama yang dipaparkan oleh Paul Gilster, artikel ini menyoroti banyak komponen penting yang dapat membantu siswa memahami teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Literasi digital menuntut pengembangan keterampilan kognitif, religius, konstruktif, komunikatif, perseptual, kritis, kreatif, dan sosial. Data dari beberapa rangkuman yang relevan dikumpulkan dan dianalisis melalui studi tinjauan pustaka ilmiah dalam proyek penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa tidak memiliki akses terhadap teknologi digital, yang menghambat pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memastikan bahwa siswa dapat menggunakan teknologi digital secara aman dan efektif serta mengatasi masalah seperti pembelajaran daring dan berbagi informasi tanpa kertas. Diharapkan penelitian ini akan memberikan wawasan bagi pendidik tentang penggunaan literasi digital untuk mengajarkan karakter.Kata Kunci: Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, dan Teknologi Pendidikan

 

AbstrakKehidupan sehari-hari, termasuk pendidikan membuat teknologi digital berperan sangat penting seiring cepatnya arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji kerja literasi digital di sekolah dasar sebagai langkah awal dalam mengembangkan karakter peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian literasi digital pertama yang dijelaskan oleh Paul Gilster, artikel ini menyoroti banyak komponen penting yang dapat membantu peserta didik memahami teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Literasi digital memerlukan pengembangan keterampilan kognitif, religius, konstruktif, komunikatif, perseptual, kritis, kreatif, dan sosial. Data dari beberapa ringkasan yang relevan dikumpulkan dan dijelaskan melalui studi tinjauan pustaka ilmiah dalam proyek penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak peserta didik tidak mempunyai akses ke teknologi digital, yang menghambat pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik guna agar peserta didik dapat memanfaatkan teknologi digital dengan cara yang aman dan efektif serta mengatasi masalah seperti pembelajaran berani dan berbagi informasi tanpa kertas. Diperkirakan penelitian ini akan memberikan wawasan bagi para pendidik tentang penggunaan literasi digital untuk mengajarkan karakter.Kata Kunci : Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, dan Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF PDF

References


Agustini, R., & Sucihati, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital sebagai Strategi menuju Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1628415&val=12987&title=PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENUJU ERA SOCIETY 50

Ahlah, S., & Melianah, M. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088

Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.540

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170–178.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/20172

Lubis, M. A., Sumantri, P., & Fitri, H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 107419 Serdang. Education & Learning, 3(2), 111–116. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1035

Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91–103.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran guru sebagai teladan dalam implementasi nilai pendidikan karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi digital. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nisa, N., Hidayat, N. A. S. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2457–2646. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/908

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577.

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya karakter untuk pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192–202. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.614

Putnarubun, A., Rengrengulu, W. C., & Suruan, Y. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. EIRENE: Jurnal Ilmiah Teologi, 7(2), 519–542. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57

Putri, P., Harianti, P., Andriani, R., & Marini, A. (2022). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 395–402.

Ratri, T. M., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Abad 21 Melalui Selidig (Sekolah Literasi Digital). Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 62–76. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2567

Rezkiana, N. M., Manda, D., & Awaru, A. O. T. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Bosowa School Makassar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.21154/sajiem.v1i1.10?domain=https://sajiem.iainponorogo.ac.id

Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis penerapan literasi digital dalam menciptakan kemandirian belajar siswa hindu di masa pandemi covid 19. Widyanatya, 3(1), 1–5.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80.

Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4644–4653. http://repository.umi.ac.id/5009/1/7373-Article Text-23803-1-10-20221010.pdf




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.13028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah