PENERAPAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ramdani Manai (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lisdawati Muda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Karmila Iskandar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


AbstractThis research aims to find out the results of applying realia media in thematic learning to improve the learning outcomes of grade 3 students at SDN 9 Limboto. This research method is Classroom Action Research (PTK) which was carried out in class 3 of SDN 9 Limboto.  The subjects in the research were 15 grade 3 students at SDN 9 Limboto, consisting of 8 boys and 7 girls. Data collection was carried out using observation, tests and documentation. The results of this research show that using realia media in thematic learning can improve student learning outcomes, observation results of student activities, and observation results of teacher activities. In the first cycle, only 5 students (33.3%) achieved the KKM score (70), while 15 students (66.6%) were below the KKM score. Cycle II showed that 9 students (60%) achieved the KKM score, the other 6 students (40%) had not yet achieved the KKM. and in cycle III, only 3 students (20%) did not reach the KKM, while the other 12 students (80%) whose scores reached the KKM. Meanwhile, for the results of the student activity observation sheet in cycle I, the results were 43.3 which was categorized as less active, then increased in cycle II was 56.6 which was quite active and in cycle III it increased with a result of 68.3 which was categorized as active. Furthermore, the results of the teacher activity observation sheet in cycle I obtained a result of 53.3 (sufficient) then it increased in cycle II with a result of 58.3 (sufficient) and in cycle III it increased with a result of 78.3 (active). Thus it can be concluded from the research results that there is an increase in results student learning. This proves that applying realia media can improve student learning outcomes and has been going well and can support increased learning outcomes.Keywords: Realia media, learning outcomes, thematic learning.Abstrak

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan media realia dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 9 Limboto. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dikelas 3 SDN 9 Limboto.  Subjek  pada  penelitian  adalah  siswa  kelas  3  SDN  9  Limboto  yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8 orang laki-laki dan perempuan berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media realia dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil observasi kegiatan siswa, dan hasil observasi kegiatan guru. pada siklus I hanya 5 siswa (33,3%) yang mencapai nilai KKM (70), sedangkan 15 siswa (66.6%) dibawah nilai KKM. Siklus II menunjukan bahwa 9 siswa (60%) mencapai nilai KKM, 6 siswa (40%) lainnya belum mencapai KKM. dan siklus III hanya 3 siswa (20%) yang tidak mencapai KKM, sementara 12 siswa (80%) lainya yang nilainya mencapai KKM.Sedangkan untuk hasil lembar observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh hasil 43.3 yang di kategorikan kurang aktif, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 56.6 menjadi cukup aktif  dan pada siklus III meningkat dengan hasil 68.3 yang di kategorikan aktif. Selanjutnya untuk hasil lembar observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh hasil 53.3 (cukup) kemudian meningkat padas siklus II dengan hasil 58.3(cukup) dan pada siklus III meningkat dengan hasil 78.3(aktif) .Dengan demikian dapat disimpulkan Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar.

Kata Kunci: Media realia, Hasil Belajar,Pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF

References


Asrori. (2020). “Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner”, Banyumas: Pena Persada

Ardilan, (2016) “Hubungan Belajar Dengan Pembelajaran,” Pendidikan Simalem.

Arif Wicaksana and Tahar Rachman. (2018).“Fungsi Media Pembelajaran,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1: 10–27,.

A Algiranto, U Yampap, and R R Bay.(2021). “Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” … : Kajian Teori Dan Hasil … 4, no. 2 : 134–138

Amin Muhammad Asri. (2015). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Nuasa Cendekia,

Abdul Kadir & Hanun Asrohah. (2015). Pembelajaran Tematik ,Jakarta: Rajawali Pers 2015

Benny A,Pribadi. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : KENCANA

Drs. Rudi Susilana dan Cepi Riana.(2018).Media Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima

Dimyati, dan Mudjiono,(2015). Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hasnida.(2014) MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini.Jakarta Timur:Iman Cahaya.

Hamzah Nina Lamatenggo.(2014).Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2016).Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara,

Ibad Taqwa Nur, and Maisyatus Sarifah. (2021).Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 4, no. 232

Ibad and Sarifah, (2021) “Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa.” Biyanatuna Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 232-240

Lathipah Hasanah,(2018) Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak, (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 01, No. 01.

Lambok Simamora, Ulfah Hernaeny, and Lina Listiowati. (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika” 3, no. 1 : 2580–460.

Majid Abdul. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Najla Desna Fhasya, “ Sripsi Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V MIN 40 Aceh Besar,” 2022.

Nurtanto Muhammad.(2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK, (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 No.3

Naekla Simbolon. (2017) .“Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi,” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 1, no. 2 .

Nurtanto Muhammad.(2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK, (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 No.3

Rodliyah St. (2017). Pendidikan dan Ilmu Pendidikan .Jember: STAIN Jember

Rusman Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2015).Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Rudi Nur Biantoro. (2022).” Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal” STKIP PGRI PACITAN,

Susanto Ahmad(2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta,

Suyoto, (2021).Tehnik penulisan penelitian tindakan kelas , Surakarta :UNISRI Press




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.13065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah