PENERAPAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan media realia dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 9 Limboto. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dikelas 3 SDN 9 Limboto. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 9 Limboto yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8 orang laki-laki dan perempuan berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media realia dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil observasi kegiatan siswa, dan hasil observasi kegiatan guru. pada siklus I hanya 5 siswa (33,3%) yang mencapai nilai KKM (70), sedangkan 15 siswa (66.6%) dibawah nilai KKM. Siklus II menunjukan bahwa 9 siswa (60%) mencapai nilai KKM, 6 siswa (40%) lainnya belum mencapai KKM. dan siklus III hanya 3 siswa (20%) yang tidak mencapai KKM, sementara 12 siswa (80%) lainya yang nilainya mencapai KKM.Sedangkan untuk hasil lembar observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh hasil 43.3 yang di kategorikan kurang aktif, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 56.6 menjadi cukup aktif dan pada siklus III meningkat dengan hasil 68.3 yang di kategorikan aktif. Selanjutnya untuk hasil lembar observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh hasil 53.3 (cukup) kemudian meningkat padas siklus II dengan hasil 58.3(cukup) dan pada siklus III meningkat dengan hasil 78.3(aktif) .Dengan demikian dapat disimpulkan Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar.
Kata Kunci: Media realia, Hasil Belajar,Pembelajaran tematik.Full Text:
PDFReferences
Asrori. (2020). “Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner”, Banyumas: Pena Persada
Ardilan, (2016) “Hubungan Belajar Dengan Pembelajaran,” Pendidikan Simalem.
Arif Wicaksana and Tahar Rachman. (2018).“Fungsi Media Pembelajaran,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1: 10–27,.
A Algiranto, U Yampap, and R R Bay.(2021). “Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” … : Kajian Teori Dan Hasil … 4, no. 2 : 134–138
Amin Muhammad Asri. (2015). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Nuasa Cendekia,
Abdul Kadir & Hanun Asrohah. (2015). Pembelajaran Tematik ,Jakarta: Rajawali Pers 2015
Benny A,Pribadi. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : KENCANA
Drs. Rudi Susilana dan Cepi Riana.(2018).Media Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima
Dimyati, dan Mudjiono,(2015). Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hasnida.(2014) MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini.Jakarta Timur:Iman Cahaya.
Hamzah Nina Lamatenggo.(2014).Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta:PT.Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2016).Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara,
Ibad Taqwa Nur, and Maisyatus Sarifah. (2021).Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 4, no. 232
Ibad and Sarifah, (2021) “Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa.” Biyanatuna Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 232-240
Lathipah Hasanah,(2018) Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak, (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 01, No. 01.
Lambok Simamora, Ulfah Hernaeny, and Lina Listiowati. (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika” 3, no. 1 : 2580–460.
Majid Abdul. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Najla Desna Fhasya, “ Sripsi Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V MIN 40 Aceh Besar,” 2022.
Nurtanto Muhammad.(2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK, (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 No.3
Naekla Simbolon. (2017) .“Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi,” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 1, no. 2 .
Nurtanto Muhammad.(2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK, (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 No.3
Rodliyah St. (2017). Pendidikan dan Ilmu Pendidikan .Jember: STAIN Jember
Rusman Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2015).Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Rudi Nur Biantoro. (2022).” Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal” STKIP PGRI PACITAN,
Susanto Ahmad(2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta,
Suyoto, (2021).Tehnik penulisan penelitian tindakan kelas , Surakarta :UNISRI Press
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.13065
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah