PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1V. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Limboto dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Limboto yang berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament pada pembelajaran bahasa indonesia materi kata berimbuhan “me-“ kelas 1V SDN 3 Limboto terdapat peningkatan. Berhasil dalam mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini, yakni 90% dari keseluruhan siswa kelas 1V dapat memahami materi dengan baik dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Keaktifan belajar siswa, Bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2018. Strategi Pembelajaran. Rosdakarya, Bandung.
Amirulloh Syarbini. 2018. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Dr.Syafarudin,M.Pd.& Eka Dewi Utari,S.Pd.,M.Pd. 2022. Media Pembelajaran. Dari masa konvensional hingga masa digital. Palembang Bening Media Publishing.
Dr.Uci Sanusi, M.Pd. & Dr. Rudi Ahmad Suryadi, M.Ag. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Egah Linggasari & Endi Rocheandi. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jurnal homepage.Vol. XIII, No. 1.
Egi Verbina Ginting. Dkk. 2022. Analisis Faktor Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol. 3 No. 4.
Leon A. Abdillah, dkk. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Musdalipa Firdo Rajak, S.Pd., M.Pd. & A. Jaya Alam, S.H., M.M. 2022. Buku panduan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) Berbasis media ular tangga. Sumatra Barat : Mitra Cendekia Media.
Nirwana Yopi. 2021. Kata berimbuhan me. Jurnal Bahasa & Sastra. Vol. 6. No. 1.
Nugroho Wibowo. 2018. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Electronic, informatic, and Vocational Education (ELINVO). Vol. 1, No. 2.
Putu yogik suwara mahardi, dkk. Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbasis kearifan lokal trikaya parisudha terhadap Pendidikan karakter gotong royong dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural, Vol.1 (1) pp. 98 – 107.
Rafika Rahmawati. 2018. Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.14. (2).
Sara Indah Ellsabet Tambun, dkk. 2020. Analisis Undang – undang No. 20 tentang sistem pendidikan nasional. Visi ilmu sosial dan humaniora. Vol. 01, No 01.
Shiphy A, Octavia. 2020. Model – model pembelajaran. yogyakarta : CV Budi Utama.
Suparlan, Palapa. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.4. No. 2.
Thamrin Tayeb. 2018. Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Alauduna: Vol. 4. No. 2.
Trianto Majid. 2019. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.13147
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah