PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Rahmatia Lundeto (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lamsike Pateda (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Karmila Iskandar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


AbstractThis research aims to determine the increase in student learning activity after implementing the Teams Games Tournament (TGT) learning model in class 1V Indonesian language learning. This research was conducted in class IV at SDN 3 Limboto using classroom action research. Learning is carried out in 2 cycles. Each cycle has stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were 38 class IV students at SDN 3 Limboto. Data collection techniques were carried out using observation and test techniques. The data analysis technique used in this research is descriptive statistics. The results of the research show that teacher activity and student activity in the learning process by applying the Teams Games Tournament model in Indonesian language learning material with the word "me-" in class 1V at SDN 3 Limboto has increased. Successful in achieving the expected indicators of success in this research, namely 90% of all class 1V students can understand the material well and are actively involved in the learning process.Keywords: Teams Games Tournament Model, Student learning activity, Indonesian. Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1V. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Limboto dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Limboto yang berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament pada pembelajaran bahasa indonesia materi kata berimbuhan “me-“ kelas 1V SDN 3 Limboto terdapat peningkatan. Berhasil dalam mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini, yakni 90% dari keseluruhan siswa kelas 1V dapat memahami materi dengan baik dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Keaktifan belajar siswa, Bahasa Indonesia.

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2018. Strategi Pembelajaran. Rosdakarya, Bandung.

Amirulloh Syarbini. 2018. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Dr.Syafarudin,M.Pd.& Eka Dewi Utari,S.Pd.,M.Pd. 2022. Media Pembelajaran. Dari masa konvensional hingga masa digital. Palembang Bening Media Publishing.

Dr.Uci Sanusi, M.Pd. & Dr. Rudi Ahmad Suryadi, M.Ag. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Egah Linggasari & Endi Rocheandi. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jurnal homepage.Vol. XIII, No. 1.

Egi Verbina Ginting. Dkk. 2022. Analisis Faktor Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol. 3 No. 4.

Leon A. Abdillah, dkk. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Musdalipa Firdo Rajak, S.Pd., M.Pd. & A. Jaya Alam, S.H., M.M. 2022. Buku panduan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) Berbasis media ular tangga. Sumatra Barat : Mitra Cendekia Media.

Nirwana Yopi. 2021. Kata berimbuhan me. Jurnal Bahasa & Sastra. Vol. 6. No. 1.

Nugroho Wibowo. 2018. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Electronic, informatic, and Vocational Education (ELINVO). Vol. 1, No. 2.

Putu yogik suwara mahardi, dkk. Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbasis kearifan lokal trikaya parisudha terhadap Pendidikan karakter gotong royong dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural, Vol.1 (1) pp. 98 – 107.

Rafika Rahmawati. 2018. Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.14. (2).

Sara Indah Ellsabet Tambun, dkk. 2020. Analisis Undang – undang No. 20 tentang sistem pendidikan nasional. Visi ilmu sosial dan humaniora. Vol. 01, No 01.

Shiphy A, Octavia. 2020. Model – model pembelajaran. yogyakarta : CV Budi Utama.

Suparlan, Palapa. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.4. No. 2.

Thamrin Tayeb. 2018. Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Alauduna: Vol. 4. No. 2.

Trianto Majid. 2019. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.13147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah