PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS
Abstract
Abstract
This research aims to improve student learning outcomes in science and science learning by using the make a match model in class IV at SDN 3 Limboto. This research was conducted in class IV at SDN 3 Limboto using classroom action research. Classroom action research aims to improve and enhance the quality of learning. Learning is carried out in 2 cycles. Each cycle has stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were 38 class IV students at SDN 3 Limboto. Data collection techniques were carried out using observation and test techniques. The data analysis technique used in this research is descriptive statistics. Student learning outcomes before implementing the make a match learning model had not yet reached the KKTP. After implementing the make a match learning model student learning outcomes increased, it can be seen from the increase in completeness in the pre-cycle, 30%, increasing in cycle I to 50% and in cycle II increasing to 86% Thus, student learning outcomes and analysis of observation observation sheets improve for the better with the implementation of the make a match learning model.
Keywords: Make A Match Learning Model, Student Learning Outcomes, IPAS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan model make a match di kelas IV SDN 3 Limboto. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Limboto dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Limboto yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran make a match belum mencapai KKTP Setelah diterpkan model pembelajaran make a match hasil belajar siswa meningkat, dapat dilihat pada peningkatan ketuntasannya di pra siklus 30% meningkat di siklus I menjadi 50% dan di siklus II meningkat menjadi 86% Dengan demikian, hasil belajar siswa dan analisis lembar observasi pengematan meningkat kearah yang lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran make a match.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar Siswa, IPAS.
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto metta,/meningkatkan hasil belajar ipa materi kenampakan rupa bumi menggunakan model scramble/,jurnal provesi Pendidikan dasar,2016.
Amin muhammad/ penerapan model pembelajaran penjasorkes inovatif untuk mdeeningkatkan hasil belajar penjasorkes pada materi kebugaran jasmani siswa kelas v semester genap SD negeri 25,/ jurnal realita bimbingan dan konseling, 2022.
Azizah nur sumawaty,dkk,/pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik sub tema 1 ciri-ciri makhluk hidup di kelas III SD/,jurnal pendidikan, sains sosial, dan agama, 2022.
Alpian yayan,M.Pd.,dkk, Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia, ,Jurnal Buana Pengapdian, 2019.
Cahaya ramadanti ewita/integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran ipa/,jurnal tawadhu, 2020.
Dr. Mu’alimin, M.Pd.I dkk,/penelitian tindakan kelas teori dan praktik /,(pasuruan : ganding pustaka, 2014.
Djalal fauza/optimalisasi pemelajaran melalui pendekatan,strategi, dan model pembelajaran, 2018.
Fauhah homroul dkk/analisi model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa/,jurnal pendidikan administrasi perkantoran (jpap),2021.
Fikar jul,dkk /efektivitas penerapan metode make a match dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab pada siswa kelas VI PPS. STQ-ASK batam/jurnal AS-SAId, 2022.
Febriani meli/ips dalam pendekatan konstruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi)/jurnal, 2021.
Harefa darmawati peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif make a match pada aplikasi jarak dan perpindahan, 2020.
Hj salim/penelitian Tindakan kelas teori dan aplikasi bagi mahasiswa, guru mata Pelajaran umum ,medan: perdana publishing, 2015.
Hakim lukman/pemeratan akses Pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan nasional/,jurnal ilmu Pendidikan dan ilmu social,2016.
Indriyani ririn/penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas x ak smk muhammadiyah 2 yogyakarta/,Muhammadiyah 2 yogyakarta,2015.
Ibrahim Nanadan sudajana, Op.Cit.,52
Indrastuti wahyu,dkk,/peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match/,jurnal pendidikan, 2017.
Juliandri Panjaitan dedy/model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa program studi matematika/,jurnal matheducation nusantara,vol, 2021
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.13152
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah