ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (KMB) DI KELAS IV SDN 67 KOTA TIMUR

Megawati Ali (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Arten Mobonggi (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Karmila Iskandar (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik guru dan mengetahui penerapan kompetensi pedagogik guru dalam kurikulum merdeka belajar (KMB) di kelas IV SDN 67 Kota Timur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, metode deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan dan menguraikan data tentang dan informasi tentang objek, fenomena, dan perilaku yang diteliti melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis kompetensi pedagogik guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar (KMB) di kelas IV SDN 67 Kota Timur sudah cukup baik hal tersebut terjadi karena SDM khususnya guru kelas IV SDN 67 Kota Timur sudah memberikan yang terbaik dengan kemampuan pedagogik guru didalam penerapan kurikulum merdeka belajar dalam proses pembelajaran. Walaupun masih ada kekurangan dibagian fasilitasnya yang belum memadai, akan tetapi itu tidak menjadi penghalang bagi gurunya memberikan pembelajaran kepada peserta didik dan gurunya selalu memberikan hal-hal menarik dalam proses pembelajaran agar peserta didik fokus dan menerima pembelajran dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Abdulloh Hilma Muhammad, ‘Pentingnya Menguasai Materi Bagi Seorang Guru,’ 20 Desember, 2022.

Ahmadi Rulam. Profesi Keguruan: Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi dan Karir Guru, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media) 2018, h 22-23.

Andarusni Alfansyur dan Mariyani Mariyani, “Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial", Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5, no.2 (2020), h.148-150.

Anita Aprilia and Betty Mauli Rosa, ‘KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Sebuah Kajian Historis)’, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 8.2 (2021), 159–68

Arikunto Suharsimi, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (JAKARTA: PT RINEKA CIPTA, 2023), hal. 2021

Cookson Maria Dimova and Peter M.R. Stirk, 2019, 9–25.

Depdiknas.2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal Ayat 1. h. 6

Dukalang Rinaldy Mohamad, Guru Mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, Wawancara, Gorontalo, 16 Oktober 2023

E Sekarwati, E., & Fauziati, ‘Kurtilas Dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme’, E- Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak, 1 (2021), 29-35.

Febrianis I, Muljono P, Susanto D. Pelatihan berbasis kompetensi pedagogis analisis kebutuhan untuk guru IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2014, vol. 2, hlm. 144-151.

Fitri Auriza, ‘Berbagai Tantangan Dan Hambatan Yang Dihadapi Dalam Pengaplikasikan Kurikulum Merdeka’, 13 Desember, 2023

Hamalik Oemar. 2016. Manajemen Perkembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. h. 3

Hana Ofela & Sasi Agustin, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5, No.1 (2016), h. 6

Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626

Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 28 Ayat 3 Butir A.

Khoirunnisaa’ Khoirunnisaa’, ‘Manajemen Kurikulum Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan’, An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6.1 (2019),

Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22.

Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177.

Siregar, A. R., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., Addary, A., Harahap, A., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Addary, A. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sd N 200103. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 75–79.

Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah