IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MIN 1 BUNGO

Rina Juliana (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Rini Agustini (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Dedi Yuisman (IAI Yasni Bungo, Indonesia)
Rahmah Yasrah Dalimunthe (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam ranah pembelajaran guna meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di MIN 1 Bungo. Riset ini mengadopsi pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang berlandaskan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V MIN 1 Bungo, dengan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta tes kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah implementasi metode CIRC. Berdasarkan hasil analisis, aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan, dengan Siklus I mencapai 63,69%, Siklus II meningkat menjadi 75%, dan Siklus III mencapai 94,04%, dikategorikan dalam tingkat sangat baik. Sementara itu, aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan progresif, yakni 60,26% pada Siklus I, naik menjadi 78,83% pada Siklus II, dan mencapai 92,3% pada Siklus III, yang juga masuk dalam kategori sangat baik. Dalam aspek pencapaian akademik, nilai rata-rata siswa pada pra-siklus berada pada angka 62,41 dengan persentase ketuntasan 37,5%. Pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 63,75 dengan ketuntasan 46%, kemudian pada Siklus II, meningkat lagi menjadi 69,2 dengan ketuntasan 58%, dan akhirnya pada Siklus III, nilai rata-rata mencapai 80 dengan persentase ketuntasan 83%, dikategorikan sebagai sangat baik. Dari keseluruhan temuan ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode CIRC terbukti efektif dalam mengoptimalkan keterampilan membaca Al-Qur'an di MIN 1 Bungo. Metode ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif dan menarik guna meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an di tingkat sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Mahdalena. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tahfizh di PAUD Fithri Desa Teluk Pulai Dalam KualuhLeidong. Generasi Emas, 7(1), 103–115. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).16502

Azizah, A. N., & Yanti, P. G. (2022). Efektivitas Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Berkomunikasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7619–7626. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3605

Bernadetta Purba dkk, P. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas.

Fauziah, S. N., Abdurahman, M., & Zein, Z. M. (2023). The Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) Method as a Solution to Problems in Learning Arabic at SMA Pasundan 2 Bandung. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 6(2), 114–132.

Jayadi, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas Iv Sdn 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 21–42. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.17

Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa …. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2019), 541–552. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/308

Mardiah. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-qur’an di Kelas XI MIPA 1 UPT SMA Negeri 2 Prepare. Jurnal Al-Tabyin, 1(2), 1–23.

Marini. (2019). Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika. 1(2), 262–267.

Rosalia Septia Gresheilla, Femmy Femmy, Simpun Simpun, & Diplan Diplan. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas IV-A SDN 6 Menteng Tahun Pelajaran 2022/2023. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 137–149. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.134

Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 290–302.

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsN 4 Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.139

Setiawati, A., Muammar, & Sani, M. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Meningkatkan Minat Baca dan Keterampilan Menulis Siswa. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.70115/semesta.v1i1.2

Ulum, S. (2024). Kreativitas Guru Al Qur’an dalam Mengelola Kelas Guna Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an Siswa Kelas Vi SDIT Al Uswah Tuban. Journal of Educational Research and Practice, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.70376/jerp.v2i2.115

Wijaya, H., Amir, A., Riyanti, D., Claudia Setiana, S., & Sari Somakila, R. (2023). Siklus Kemmis dan McTaggart Contoh dan Pembahasan. September, 1–122.

Yanuarni, F. D., Kasdriyanto, D. Y., & Hattarina, S. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Seni Berbahasa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III Namira Elementary School. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2685–2694. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9570




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v5i1.14939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah