PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUPKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Dewi Astina (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Munirah Munirah (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Aljunaid Bakari (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Abstract

This research aims to increase the learning activities of class IV students at SDN 81 Sipatana, Gorontalo City through the use of the Active Learning learning model in 2024. This research method uses the type of classroom action research (PTK). The subjects in this research were class IV students at SDN 81 Sipatana, Gorontalo City, the number of students for the 2023-2024 academic year was 21 students consisting of 9 girls and 12 boys. This research was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings and 4 stages which refer to the Kemmis and Taggart model, namely: planning, action, observation and reflection. The results of this research show that implementing the Active Learning learning model can increase students' learning activities in learning science and science material to meet their living needs for class IV SDN 81 Sipatana, Gorontalo City. Data analysis in the research used descriptive percentage formulas for teacher activities and student activities. This can be seen from the increase in each cycle, namely in cycle I getting teacher activity 73.3%, student activity getting 66.6%, and increasing again in cycle II getting teacher activity 83.3%, and student activity getting 80.9% . So it can be concluded that implementing Active Learning can increase students' learning activities in science and science learning material to meet the life needs of class IV SDN 81 Sipatana, Gorontalo City.

Keywords: Active Learning, Learning Activities, Materials to Meet My Life Needs

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 81 Sipatana Kota Gorontalo melalui penggunaan model pembelajaran Active Learning tahun 2024. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 81 Sipatana Kota Gorontalo, jumlah siswa tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 21 siswa yang terdiri dari perempuan 9 dan 12 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap yang mengacu pada model Kemmis and Taggart yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengimplementasikan model pembelajaran Active Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi memenuhi kebutuhan hidupku kelas IV SDN 81 Sipatana Kota Gorontalo. Analisis data pada penelitian menggunakan rumus deskrptif presentase untuk aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus yakni pada siklus I memperoleh aktivitas guru 73,3%, aktivitas siswa memperoleh  66,6%, dan meningkat lagi pada siklus II memperoleh aktivitas guru 83,3%, dan aktivitas Siswa memperoleh 80,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa mengimplementasikan pembelajaran Active Learning dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi memenuhi kebutuhan hidupku kelas IV SDN 81 Sipatana Kota Gorontalo.

 

Kata Kunci: Active Learning, Aktivitas Belajar, Materi Memenuhi Kebutuhan Hidupku.


Full Text:

PDF

References


Abd Rahman BP, dkk./, Pengertian Pendidikan, ilmu Pendidikan,dan unsur-unsur Pendidikan, vol.2 No. 1 juni, 2022.

Abdul rahman tibahary ,/model-model pembelajaran inovatif/, journal of pedagogi, vol.1 No.1 tahun 2018.

Ahmad rohani, Pengelolahan Pengajaran, ( Jakarta: PT Rineka cipta, 2020).

Ali Muhtadi, dalam artikel yang berjudul Model Pembelajaran (“Active Learning” dengan Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi), 3

Arini Ahmad Penerapan Model Pembelajaran Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Murid Kelas V Sd Negeri 7 Matajang Kabupaten Bulukumba. 2019

Drs. H salim, M.Pd dkk,/ penelitian tindakan kelas teori dan aplikasi bagi mahasiswa, guru mata pelajaran umum dan pendidikan agama islam disekola/, (medan : perdana publishing, 2015).

Elisa Fitri tanjung, dkk. PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, (Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara, 2019).

Erlangga Straight Point Series ESPS, 2022 Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Untuk Anak Sd Kelas Iv, Penulis; Nani R, M.Pd, Khristiyono P.S ., M Biorned. Dr. Irene M.J.A., M.Pd

Ervina Sari, Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips.

Gerry Ironika, 1 STKIP PGRI Trenggalek *jurnal Penerapan Model Pembelajaran Active Learning di Prodi PPKn STKIP PGRI Trenggale. Prosiding SEMINALU 2023 hlm. 310

Indiah Kustini Jurnal Kajian Pendidikan Teknik bangunan 2021 (JKPTB). Vol. 7. No. 2

mustofa, Pendidikan Dan Konseling 2023, Vol 5 No. 4.

N.J, Endah Syamsiyati. “Penerapan Metode Pembelajaran ‘Active Learning-Small Group Discussion’ Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (n.d.): 22–23. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Nurkholis,/Pendidikan dalam Upaya memajukan teknologi /,jurnal kependidikan, vol.1 No.1 November 2013.

Seniawan Pasrani Gulo1 , Laoli Bezisokhi, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Sirombu Tahun Pelajaran 2022/2023 Vol. 7 No 3 Thn 2023. hlm. 22027-22031

khoerunnisa Putri, masyhuril syifa aqwal,/analisis model-model pembelajaran/,http://ejournal.ac.id/index.php/fondatia,vol.4 No.1.maret 2020,h.2

Rodatus sofiah, dkk,/analisis karakteristik sains teknologi masyarakat (STS) as a model of teaching: a literature study/Ijurnal penelitian pendidikan, vol 7, No.1, mei, 2020.

Rohmawati, Aulia, and Pahlevi, Reza. "The effect of using inquiry learning model with pop-up book media on learning outcomes of primary school students." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 11-20.

Salimiya, Implementasi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa September 2022.

Siti julaeha, Mohamad Erihardiana,/model pembelajarann dan implementasi Pendidikan islam dan Pendidikan nasional/, religion education laa roiba jurnal, vol.4 No.1,tahun 2022.

Susanto, Ahmad.2019.Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenamedia Group.Undangan.

Yasibudi Lahagu, Wahyutra Aldiman Telaumbanua, Jurnal Pendidikan dan Konseling 2023, Vol. 5, No. 4.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.15046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah