IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract
This paper describes the implementation of authentic assessment in learning in primary education which covers the basic concept of authentic assessment, the characteristics of authentic assessment, the technique of authentic assessment, and the benefits of authentic assessment. authentic assessment implemented to get real, original, valid, and reliable information. By obtaining this real, original, valid and reliable information, learning can be done well.
Keywords: Implementation, Authentic assessment, Learning, Primary Education
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA Abdullah, Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya, Jurnal Fitrah, Volume 2, Nomor 2, 2016. Abidin, Yunus, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, (Bandung: PT Refika Aditama, 2014). Herindiati Tangke Sombolinggi, Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri 4 Malimongan Kota Palopo, Artikel Penelitian. I Made Endra Danu Merta, dkk. Analisis Penilaian Autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Kelas IV SD Nomor 4 Banyuasri. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1, 2015. Kunandar, Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014). Majid, Abdul, Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014). Munawati, Susi, Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 2, 2017. Pertiwi, Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Ambawang, Artikel Penelitian, 2018. Prastowo, Andi, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI, (Jakarta: Kencana, 2015). Prince, Emma-Sue, The Advantage: 7 Soft Skill yang Anda Butuhkan untuk Tetap Menjadi Selangkah Lebih Maju, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017). Rahmawati, Sunarti dan Selly, Penilaian Dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014). Santrock, John W., Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua), (Jakarta: Kencana, 2013). Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press. 2011), hlm. 66. dan Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2), (Jakarta: Bumi Aksara. 2015). Supardi, Penilaian Autentik: Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016). Uno, Hamzah B. dan Satria Koni, Assessment Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012). Widoyoko, S. Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010).
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah