ANALISIS PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS 5 SDN 122351 SELAMA MASA PANDEMI MELALUI PROGRAM KELOMPOK BELAJAR DI DAERAH NAGA BONAR KOTA PEMATANGSIANTAR

Nadia Pratiwi Harahap (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Lita Try Pasurida (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Rio Aldimar Panjaitan (Universitas Negeri Medan, Indonesia)

Abstract


Abstract

During the COVID-19 pandemic, learning that occurs in schools is carried out online, where teaching and learning activities are currently carried out using various distance learning applications. The main purpose of this research is to see how the learning abilities of 5th graders at SD Negeri 122351 are improved during the pandemic and before the COVID-19 pandemic through a study group program held in the Jalan Naga Bonar area, Pematangsiantar City. The method used in this study is a qualitative research method and uses participatory observation data collection techniques. The results of this study are that the stage of development of grade 5 students during the pandemic experienced a decline in the learning process. With the study group program that has been implemented, it will help the online learning process which is less effective.

 

Keywords: Study Group, Learning, Online

 

Abstrak

Selama masa pandemi covid 19 pembelajan yang terjadi di sekolah dilakukan secara daring, dimana dalam kegiatan belajar mengajar yang saat ini dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran jarak jauh. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana peningkatan kemampuan belajar siswa kelas 5 SD Negeri 122351 selama masa pandemi dan sebelum adanya masa pandemi covid 19 melalui program kelompok belajar yang dilaksanakan di daerah Jalan Naga Bonar Kota Pematangsiantar. Metode yang dipakai didalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data  observasi  partisipatif.  Hasil penelitian ini yaitu tahap perkembangan siswa kelas 5 selama masa pandemi mengalami penurun dalam proses pembelajaran. Dengan adanya program kelompok belajar yang telah dilaksanakan maka akan membantu proses pembelajaran daring yang kurang efektif.

 

Kata Kunci: Kelompok Belajar, Pembelajaran, Daring

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI Amalia, A. dan Sa, N. (2020) “Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di indonesia 1,2,” 13(2), hal. 214–225. Ekowati, D. W. et al. (2019) “Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah,” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), hal. 93. doi: 10.30651/else.v3i1.2541. Harahap, A. (2018a). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2018b). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Outdoor Study. Prosising Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 34. Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Huda, M. D. (2016). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam. Didaktika Religia, 4(2), 139–162. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i2.p139-162.2016 Islam, Mohammad Saiful, Importance of girl’s Education as Right: A Legal Study From Islamic Approach, Beijing:Low Review, 2016 Jawad, Haifaa A, The Right of Women in Islam An Authetic Approach, Macmillan Press ltd: 1998 Khan, Shahzadi Aroosh, Akhtar, Muhammad Saeed, UnderstandingSyed Abul Aa’la Maudoodi’s, Educational Thought, The Dialog,volume X number 3, University of the Punjab: Lahore. Khurriyati, Y., Setiawan, F. dan Mirnawati, L. B. (2021) “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), hal. 91. doi: 10.30659/pendas.8.1.91-104. Leni, N. (2018). Peran Antroplogi Bagi Studi Islam. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 18(2), 233–252. https://doi.org/10.24042/ajsk.v18i Mursi Muhammad Munir Mursi, al- tarbiyah al Islamiyah, cet IV, Mesir 1987 Mappanganro. Rasyid Ridha dan Pemikirannya tentang Pendidikan Formal, Makassas dan Teologi Islam, teorj, Rahmani Astuti dan M.S. Nasrullah, Bandung: Mizan, 1999. Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177. Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001 Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Yu’timaalahuyatazaka, Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam, Jurnal Alauddin Press, 2008




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah