ANALISIS KEEFEKTIFAN PENERAPAN APLIKASI AKSI (ASSESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA) DI SD NEGERI 130002 KEC. SEI TUALANG RASO, KOTA TANJUNG BALAI

Risky Adinda Syafitri (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Sri Ayu Anggraini BN (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Suci Meiken Saragi (Universitas Negeri Medan, Indonesia)

Abstract


Abstract

This study aims to determine how the use of the Action Application (Indonesian Student Competency Assessment) in SD Negeri 130002 Kec. Sei Tualang Raso, Tanjung Balai City. Where the research method used is descriptive qualitative method. The population of this study were teachers and students at SD 130002 while the sample of this study was 21 people who were willing to be interviewed directly. The object of research is learning outcomes. The data collection technique used is in the form of direct in-depth interviews. The results of the research are summarized into three components, namely (1) understanding, (2) acceptance, and (3) effectiveness. The analysis in the use of applications is divided into 2 categories, namely the analysis of the implementation of the use of applications for 6 teachers in understanding and using applications by 80% and implementation of the use of the application to 21 students by 45%. With the AKSI application, it can improve students' abilities in literacy and numeracy subjects and facilitate teaching and learning activities with teachers.

 

Keywords: Effective, AKSI (Indonesian Student Competency Assessment) Application, Students, Teachers

 

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Aplikasi Aksi ( Assessment Kompetensi Siswa Indonesia ) di SD Negeri 130002 Kec. Sei Tualang Raso, Kota Tanjung Balai. Dimana Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualtatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru serta siswa di SD 130002 sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 21 orang yang bersedia diwawancarai secara langsung. Objek penelitian adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa wawancara mendalam secara langsung. Hasil penelitian yang di rangkum menjadi tiga komponen yaitu (1) pemahaman, (2) Penerimaan, dan (3) efektifitas, Analisis dalam penggunaan aplikasi dibagi dalam 2 kategori yaitu analisis pelaksanaan penggunaan aplikasi terhadap 6 guru dalam memahami dan menggunakan aplikasi sebesar 80% dan pelaksanaan penggunaan aplikasi terhadap 21 siswa sebesar 45%. Dengan adanya aplikasi AKSI  dapat meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran literasi dan numerasi siswa dan mempermudah kegiatan proses belajar mengajar dengan guru.

 

Kata kunci : Efektif, Aplikasi AKSI (Assesmen Kompetensi Siswa Indonesia), Siswa, Guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Aziizu, and Burhan Yusuf Abdul. 2015. “Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan.” In Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, , 295–300. Dwi, A. (2015) ‘Aplikasi Komik sebagai Media’, Muaddib, 05(01), p. 1. Gloria, Ria Yulia. 2012. “Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan MembacaIlmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi.” Jurnal Scientiae Educatia 1(April): 1–17. Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Harahap, A. (2020). Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. | Issn Cetak, 5(1), 96–105. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.96-105 Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60. Huda, M. D. (2016). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam. Didaktika Religia, 4(2), 139–162. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i2.p139-162.2016 Iriyani, D. (2008) ‘Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru’, Jurnal Didaktika, 02(02), pp. 285–285. Islam, Mohammad Saiful, Importance of girl’s Education as Right: A Legal Study From Islamic Approach, Beijing:Low Review, 2016 Jawad, Haifaa A, The Right of Women in Islam An Authetic Approach, Macmillan Press ltd: Khan, Shahzadi Aroosh, Akhtar, Muhammad Saeed, UnderstandingSyed Abul Aa’la Maudoodi’s, Educational Thought, The Dialog,volume X number 3, University of the Punjab: Lahore. Khurriyati, Y., Setiawan, F. dan Mirnawati, L. B. (2021) “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), hal. 91. doi: 10.30659/pendas.8.1.91-104. Nurhayani, N., Syamsudduha, S. and Afiif, (2018) ‘Kesulitan Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Xii Di Sma Negeri 2 Gowa’, Jurnal Biotek, 6(1), p. 93. doi: 10.24252/jb.v6i1.5153. Pajar, J. et al. (2018) ‘Survey Tentang Masalah-Masalah Yang Dihadapai Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Inuman Dasmaniar, 1, pp. 65–75. Rohim, D. C., Rahmawati, S. and Ganestri, I. D. (2021) ‘Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa’, Jurnal Varidika, 33(1), pp. 54–62. doi:10.23917/varidika.v33i1.14993. Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta. Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29. Supriadi, O. (2009) ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar’, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), pp. 27–38. Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Tama, T. D., Adisasmita, A. C., & Burhan, E. (2016). Indeks Massa Tubuh dan Waktu Terjadinya Konversi Sputum pada Pasien Tuberkulosis Paru BTA Positif di RSUP Persahabatan Tahun 2012. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.7454/epidkes.v1i1.1309 Wendari, W. N., Badrujaman, A. and Sismiati S., A. (2016) ‘Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kota Bogor’, Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), p. 134. doi: 10.21009/insight.051.19. Wulan, Ana Ratna. 2001. “Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran.” In FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, , 1–12. Zuhera, Y., Habibah, S. and Mislinawati (2017) ‘Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh’, Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), pp. 73–87.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah