DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Students in elementary schools enter the level of concrete operational, so that, they need a media to understanding the various existing concepts of learning. Learning mathematics requires concrete objects and explanations from the teacher. Due to the COVID-19 pandemic, learning has be completely by online, as well as math lessons. The purpose of this study was to see the impact of the COVID-19 pandemic on the mathematics learning process for teachers, students and parents. This research method is a qualitative method and literature study. The results of the study show that the impact of the COVID-19 pandemic on teachers, students and parents is very large. The lack of knowledge about the use of technology, some parents who do not receive an education and a large enough expenditure are obstacles for the mathematics learning process.
Keywords: Pandemic, Covid-19, Mathematics Learning.
AbstrakSiswa di Sekolah Dasar memasuki tahap operasional konkrit, seingga memerlukan suatu media untuk dapat menangkap berbagai konsep yang ada. Pembelajaran matematika memerlukan benda konkrit dan penjelasan dari guru. Adanya pandemi covid-19 menjadikan pembelajaran harus serba online, tidak terkecuali matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak pandemi covid 19 terhadap proes pembelajaran matematika bagi guru, siswa dan orangtua. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pandemi covid19 terhadap guru, siswa dan orang tua sangat besar. Minimnya pengetahuan mengenai peggunaan teknologi, beberapa orang tua yang tidak mengenyam pendidikan dan pengeluaran yang cukup besar menjadi kendala terhadap proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI Aliyah, N., & Katiah. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SEKOLAH DASARN 2 Batembat Cirebon). Jurnal Pendidikan Unsika, 9(1), 85–92. Amin, N. S., Azmin, N., & Nasir, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. 7(4), 2019–2022. Amna, E. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. Chusna, P. A. dan U. A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Maningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. Fridayanti, Y. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. PREMIIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 2013–2015. Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, Vol.1(2), 16. Herawati, T., Yudana, M., & Sunu, I. G. K. A. (2014). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DENGAN KOVARIABEL SIKAP SOSIAL PADA MADRAS. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–10. Lestari, S., Waluya, B., S. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN KERUANGAN DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS BUDAYA DEMAK Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 108–114. Mastura & Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa (The Impact of the Covid-19 Pandemic on the Teaching Process for Teachers and Students). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8. Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74 Pertiwi, Deby Oktaviani Hartono, B., Hum, M., Syaifudin, A., & Pd, M. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2). Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897 Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan. 10(1), 41–48. Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291 Triarini D. dan Hendriani R. (2015). Tanaman Herbal dengan Aktivitas Perangsang Pertumbuhan Rambut. Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, 15, 105–114. Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah