PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 010097 KISARAN KABUPATEN ASAHAN
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dan mendeskripsikan peran guru kelas untuk membentuk karakter peserta didik di SD Negeri 010097 Kisaran Asahan. Ditemukan Peran Guru Kelas dalam membentuk karakter peserta didik di SD Negeri 010097 Kisaran Kabupaten Asahan ada empat yaitu: guru sebagai model dan teladan, pembimbing, pengarah dan evaluator. Kemudian Kendala yang dihadapi Guru Kelasdalam membentuk karakter peserta didik di SD Negeri 010097 Kisaran Kabupaten Asahan yaitu faktor internal yang terdiri dari kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dan tidak konsentrasi dalam belajar. sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari latar belakang yang kurang mendukung karena peserta didik berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat dan kurangnya sarana dan prasana di sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Karakter, Peserta Didik.
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI Abdul Mujib, Kepribadian Dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994. Ani Jailani dkk, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 2, 2019. Anisatun Ni’mah, “Peran Guru KelasDalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa”, Indonesian Journal Of Islamic Teaching, Vol. 1, No. 2, Desember 2018. Danang Dwi Basuki, “Pembentukan Karakter Islami Melalui Pengembangan Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Aliyah An-Najah Bekasi”, Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, Vol. 10, No. 2, 2020. Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22. Miftah Nurul Annisa DKK, “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital”, Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 2, No. 1, April 2020. Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177. Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. remaja rosdakarya. Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31. Zida Haniyyah, “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di SMPN 03 Jombang”, Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol. 1, No. 1, 2021.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah