STRATEGI PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR KEWARGANAGARAAN MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM

Hayaturraiyan Hayaturraiyan (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, Indonesia)
Asriana Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the basic learning strategies that can be used to increase students' knowledge. This research uses literature review method. Learning strategies are very useful for teachers and students in the learning process. For teachers, this learning strategy is used as a new and systematic regulatory reference in the implementation of learning. For students the use of learning strategies can facilitate the learning process and understand the content of learning, because each learning strategy is designed to facilitate the learning process. It is hoped that this learning strategy can improve student learning outcomes.

Keywords: Active Learning Method, Type Team Quiz, Learning Strategy.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran di pendidikan dasar yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur. Strategi pembelajaran sangat berguna bagi guru maupun siswa pada proses pembelajaran. Bagi guru, strategi pembelajaran ini dijadikan sebagai pedoman dan acuan bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran. Bagi siswa penggunaaan strategi pembelajaran dapat mempermudah proses pembelajaran dan mempercepat memahami isi pembelajaran, karena setiap strategi pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran. Diharapkan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Active Learning Method, Type Team Quiz, Strategi Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


REFERENSI Arifin, Z., & Jambi, I. M. B. P. (2009). Memahami PDRB sebagai Instrumen untuk Mengukur Pertumbuhan Ekonomi di Daerah. Artikel PDRB. Budiono, A. N. (2014). Meningkatkan Solidaritas Antar Teman Melalui Bimbingan Kelompok Di Sd Al-Muttaqien Boarding School Semester Genap Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 2(2). Darmansyah, D. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Fauzia, C. (2019). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips (Penelitian Pada Siswa Kelas Iii Sdn Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60. Kristiani, Y., Relita, D. T., & Thoharudin, M. (2018). Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Nanga Pinoh. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1-8. Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara. Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177. Mulyantari, S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran course review horay dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sdn 1 Surabaya Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Budaya Lokal. PKn Progresif, 7(1). Solihatin, E. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Turnamen (Tgt). Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 13(1), 65-71. Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah