PELAKSANAAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMENUHAN STANDAR PROSES DAN LULUSAN

Hengki Syahputra Siregar (MIN 3 Labuhan Batu, Indonesia)
Lis Yulianti Syafrida (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

 

The purpose of writing this article is to determine the implementation of Islamic religious education curriculum management in fulfilling process and graduate standards. This research method uses a qualitative approach using descriptive analysis related to how the implementation of Islamic religious education curriculum management in fulfilling process standards and graduate standards. The results of this study indicate that the management of the implementation of Islamic religious education curriculum management in meeting process standards and graduates are said to be running well. Including planning, implementation, classification, and evaluation, everything is implemented properly in accordance with appropriate procedures and guidelines. Meanwhile, the obstacles faced are still the lack of adequate facilities and infrastructure so in the future, it is necessary to increase attention to adequate facilities and infrastructure.

 

Keywords: Manajemen; Kurikulum; Standar Proses.

 

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dalam pemenuhan standar proses dan lulusan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif terkait dengan bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dalam pemenuhan standar proses dan standar lulusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dalam pemenuhan standar proses dan lulusan dikatakan berjalan dengan baik. Termasuk dari perencanaannya, pelaksanaannya, pengkasifikasian, serta evaluasi semuanya diterapkan dengan baik sesuai dengan prosedur dan panduan yang tepat. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi masih kurangnya sarana dan prasarana yang memadai sehingga ke depan perlu ditingkatkan perhatiannya pada sarana dan prasarana yang memadai.

Kata kunci: Manajemen; Kurikulum; Standar Proses.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI Dr. Vladimir, V. F. (1967). 済無No Title No Title No Title. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24. Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, Pub. L. No. 20, Zitteliana (2003). Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22. Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177. Musawwir. (2017). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDIT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. 188. Nasir & Rijal. (2020). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Pengantar Teoritis dan Praktis. 25. Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah