FAKTOR RENDAHNYA MINAT MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V DI SDX KACAMATAN SALIMPAUNG

Nur Atika (UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bermula dari kurangnya minat siswa sekolah dasar dalam menulis karangan. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penyebab rendahnya minat menulis karangan pada siswa sekolah dasar kelas V. Jenis penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu studi kasus. Informasi yang peneliti peroleh bersumber dari informan yang dipilih melalui teknik Puposive Samplingyaitu wali kelas V SD berjumlah 1 orang dan siswa berjumlah 8 orang. Peneliti sendiri yang menjadi instrumen didalam penelitian ini dengan menggunakan alat bantu seperti pedoman wawancara, kamera dan catatan lapangan. Data dan informasi yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah didapat dikumpulkan dan dianalisis menggunakan model miles and hubermen yaitu reduksi data, display data dan disimpulkan sesuai dengan fakta yang ada. Dalam artikel ini tentu akan diberikan rincian lebih jelas mengenai apa penyebab terjadinya dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasilnya yaitu terdapat rincian faktor rendahnya minat menulis karangan pada siswa kelas V diantaranya faktor lingkungan sekolah, faktor lingkuangan tempat tinggal, faktor lingkungaan rumah.


Full Text:

PDF

References


Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626

Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60.

Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733

Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637

Ilham Budisantoso. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Orang Tua, dan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 2 Klaten. Tahun Ajaran 2015/2016. Vol 6.

Mardika, Tiwi (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. (Diakses pada tanggal 16 September 2021).

Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177.

Moloeng, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

RINA NOFRIANA, F. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SIKAP SPRITUAL PADA MATERI AKHLAK KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 148–153.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saliza (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Skripsi (diakses pada tanggal 8 Januari 2023).

Yanus Nap. 2016. Pengaruh Relasi Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sd Gugus 3 Sewon Bantul. Vol 7.

Yulia, R., Suryana, D., & Safrizal, S. (2021). Manipulatif Tantrum: Strategi untuk Mewujudkan Keinginan Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-01




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i1.6907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah