GERAKAN LITERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Farah Ayu Nuraini (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Siswa sekolah dasar yang kurang memiliki kemampuan literasi memiliki tingkat minat baca yang rendah. Program Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong siswa gemar membaca. Eksplorasi ini diharapkan dapat menggambarkan bagaimana jalannya pengembangan pendidikan yang dilakukan di SDIT Al-Kautsar. Jenis eksplorasi yang dipilih adalah cara subjektif untuk menangani rencana penelitian investigasi kontekstual. Wawancara Google Form online berfungsi sebagai instrumen. Konsekuensi dari pelaksanaan kemahiran di beberapa sekolah tersebut diketahui bahwa pembinaan pendidikan di sekolah-sekolah tersebut belum terlaksana secara ideal dan dalam melaksanakan Pembinaan Kecakapan Sekolah masih terdapat beberapa kendala antara lain: 1) Buku-buku yang masih terlalu sedikit untuk membaca; 2) Siswa tidak suka membaca; dan 3) Guru belum melakukan semua kegiatan. Kurangnya kesadaran siswa akan kegiatan membaca di lingkungan sekolah adalah buktinya.


Full Text:

PDF

References


Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01

Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626

Hasibuan, S. E., Harahap, A., Hrp, M. F., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Padangsidimpuan, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil……Sulhan Efendi Hasibuan, dkk. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97.

Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22.

Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105.

Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i2.8304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah