Pola Grandparenting Dalam Pembentukan Perilaku Anak Di Desa Tanjung Botung Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Adelina Khairani Daulay (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Magdalena Magdalena (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Arifin Hidayat (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang orang tua yang mengalihkan pengasuhan anak kepada keluarga inti yaitu kakek dan nenek. Pengasuhan anak seharusnya menjadi tanggung jawab kedua orang tua, namun karena faktor ekonomi menengah kebawah orang tua mengalihkan pengasuhan anaknya, dan karena faktor tidak ada kepercayaan orang tua kepada orang lain dalam pengasuhan anaknya kecuali dari keluarga dekat, sehingga tanggung jawab tersebut dialihkan kepada kakek dan nenek. Pengasuhan kakek dan nenek disebut juga grandparenting.  Kakek dan nenek sepenuhnya mengasuh cucunya selama kedua orang tua anak bekerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola grandparenting dalam pembentukan perilaku anak dan untuk mengetahui apa saja dampak dari pola grandparenting dalam pembentukan perilaku anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil temuan mengenai pola grandparenting dalam pembentukan perilaku anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dari penelitian ini berjumlah tujuh kakek dan nenek dan sumber data sekunder terdiri dari, orang tua yang mengalihkan pengasuhan anak, tetangga, tokoh agama, dan kepala desa. Dalam memvalidkan atau mengabsahkan data peneliti menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh di lapangan bahwa pola grandparenting dalam pembentukan perilaku anak di Desa Tanjung Botung Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas yaitu kakek dan nenek melakukan pengasuhan otoritatif dan pengasuhan yang menuruti, dan dampak grandparenting dalam pembentukan perilaku anak di Desa Tanjung Botung yaitu berdampak positif dan negatif, kakek dan nenek yang menerapkan pengasuhan yang otoritatif berdampak positif pada perilaku anak yaitu 1) lebih mudah bersosialisasi. 2) religius. 3) mandiri. Sedangkan kakek dan nenek yang melakukan pengasuhan yang menuruti berdampak negatif pada perilaku anak yaitu 1) kurang sopan santunnya. 2) manja 3) nakal. Dari tujuh kakek dan nenek yang mengasuh cucunya kecenderungan kakek dan nenek melakukan  pengasuhan yang menuruti.


Keywords


Anak, Perilaku, Pola Grandparenting

Full Text:

PDF

References


Ajeng Agrita Dwikasih, Evy Clara. Sosiologi Keluarga, Jakarta Timur: Unj Press, 2020.

Al-qaradhawi, Yusuf. Akhlak Islam, Jakarta: Pustaka Al-kautsar, 2017.

Arismanto. Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Fauziah, Eka Rusnani. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak Smp Negeri 1 Samboja.” Jurnal lmu Komunikasi 1 2013.

Handayani, Fitri. "Pola Asuh Grandparenting dalam Membentuk Kepribadian Anak Usia 4-6 Tahun di RT/07 RW/02 Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu", Skripsi, Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2021.

Ishvi Oktavenia Eriyanti, dkk, “Analisis Pola Asuh Grandparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak dI TK Dharma WanitadI Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro ,” JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 3, no. 1, 6Januari 2023.

Kasman. Pengelolaan sekolah unggul, Pidoli Lombang: Madina publisher, 2021.

Nora Fridayanti, Diah Ayu. “Pengaruh Pola Asuh Grandparenting Terhadap Perilaku Sosial Remaja (Studi Kasus Di Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)”, Skripsi (Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2021), http://etheses.iainponorogo.ac.id/17033/.

Santrock, Jonh W. Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Suhendi, Wahyu R. Pengantar Studi Keluarga, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Pendidikan Anak dalam Islam, Juz. II, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v6i1.12110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats