Implementasi Teori Cbt Menggunakan Teknik Thought Stopping Untuk Menangani Dampak Pembullyan Di Pondon Pesantren

Lisa Maharani (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Charis Rizqi Pradana (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)

Abstract


Fenomena bullying memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap korban, seperti kecemasan, depresi, dan ketidak percayaan diri yang dapat berlangsung lama. Maka salah satu upaya yang harus dilakukan konselor  memberikan layanan kepada konseli dengan menggunakan teknik thought stopping yang dapat diterapkan untuk membantu korban pembullyan mengatasi trauma dan kecemasan akibat bullying. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diambil. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif. peneliti melakukan pendekatan terhadap konseli melalui wawancara. Hasil Treatment konseli menerapkan Teknik Thought Stopping perubahan yang dialami luamayan membaik mulai dari gak bisa tidur sekarang bisa tidur dan juga konseli mau  terbuka dan berkomunikasi atau mencari relasi  baru bersama orang-orang baru yang belum di kenal, konseli menjadi lebih percaya diri, berani di lingkungan yang ramai, pikiran negative-nya berhenti dan konseli bisa mengalihkan fokus ke aktivitas yang lebih positif. Menggunakan teknik ini lumayan bisa mengubah masalah konseli mungkin dibilang belum sempurna tetapi dalam menjalankan arahan yang di berikan konselor kepada konseli sudah lumayan menghilangkan pikiran yang ada dimasalalunya. Teknik ini bertujuan untuk menghentikan pikiran negatif yang mengganggu dan menggantinya dengan pikiran positif, sehingga korban dapat lebih percaya diri dan mampu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara lebih sehat. hal juga mencakup landasan ajaran Islam, seperti QS Al-Hujurat ayat 11, yang mengajarkan untuk tidak menghina atau mencela orang lain, sebagai panduan moral untuk mencegah perilaku bullying.                               

 

 


Keywords


Bullying, Teknik Thought Stopping

Full Text:

PDF

References


ALMANAR, N., Fitri, A. A., Abdurrazaq, M. N., & Sobirin. (2023). Kondisi Overthinking Pada Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Iai Al-Azis Dalam Menjalankan Fungsi Keluarga. Journal of Islamic Studies, 1(3), 393–413. https://doi.org/10.61341/jis/v1i3.031

Amawidyati, S. A. G., & Muhammad, A. H. (2017). Program Psikoeduasi Bullying Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Dalam Menangani Bullying Di Sekolah Dasar. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 258–266.

Ananda, D., Nur, L., Rifa’i, S., & Zuhro’ Fitriana, A. Q. (2023). Implementasi Manajemen Konflik Terhadap Perilaku Bullying Di Pondok Pesantren Al-Fattah, Jember. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 272–277. https://doi.org/10.47233/jebs.v3i2.807

Aninda Cahya Savitri, P., & Luh Indah Desira Swandi, N. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628

Dwipayanti, I. A. S., & Indrawati, K. R. (2014). Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251–260. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p04

Faradillah, S. S., & Amriana. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy dengan Teknik Thought Stopping untuk Menangani Trauma Psikologis Mahasiswa yang Mengalami Broken Home. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(1), 83–94. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/6957

Fitria, L., , N., , N., & Karneli, Y. (2020). Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(1), 23. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7651

Hastin, S. A. ., & Musharyanti, L. (2022). Giving Thought Stopping Therapy to Anxiety Levels of Pre Operative Sectio Caesarea Patients Pemberian Terapi Thought Stopping terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operative Sectio Caesarea. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference), 2(2), 18–23.

JASMINE, K. (2014). Efektivitas Konseling kelompok Teknik Thought Stopping Untuk Mereduksi Ruminasi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Cawas. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 9–31.

Lianasari, D., & Purwati, P. (2021). Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Anxiety Academic terhadap Skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 117. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041

Lianasari, D., Ria, N., & Kurniati, A. (2023). Cognitive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Insecure. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(1), 1–8.

Luluk Nur Aini. (2021). Pendekatan Behavioral Pada Santri Untuk Menangani Dampak Bullying di Pondok Pesantren Thoriqul Huda. 6.

Masithoh, A. R. (2014). Pengaruh Terapi Berfikir Positif Terhada Perilaku Membuang Dahak Pasien Tuberkulosis. Jikk, 5(3), 26–34.

Mauliddiyah, N. L. (2021). Perilaku Bullying Dan Dampak Pada Korban. November, 6.

Mazaya, A., Jenny, F. R., Fadilla, A., & Priliyanti, S. (2024). Peran Resiliensi Terhadap Tingkat Altruisme Korban Bullying di Pondok Pesantren di Pulau Jawa. Journal of Psychology Students, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.33477

Rahmat, N. isnaeni, Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6432

Rani Sri Anggraeni, Halimi, A., & Inten, D. N. (2021). Implikasi Pendidikan dari QS Al-Hujurat Ayat 11 terhadap Pencegahan Perilaku Bullying. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.34

Selvia, F., Sugiharto, D. Y. P., & Samsudi. (2017). Teknik Cognitive Restructuring dan Thought Stopping dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling (JUBK), 6(1), 20–27. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Setyanawati, T. (2016). Perilaku Bulliying disekilah menengah atas. Journal of Innovation Reasearch and Knowledge, 01(5), 1–23.

Simamora, A. A., Simamora, F. A., & Sagala, N. suryani. (2023). Penerapan Teknik Thought Stopping (TS) Dalam mengatasi kecemasan pecandu Narkoba Pada Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tahun 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(3), 103–109. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i3.1171

Ummah, M. S. (2019a). Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi kecenderungan Perilaku Konsumtif Siswa di SMA Negeri 9 Makasar. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Ummah, M. S. (2019b). Penerapan Teknik Thought Stopping Untuk Menurunkan Body Image siswa Di SMA 24 BONE. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Zahro, N. N., Zakiyah, N. Z., Fatmawati, Zuhro, A. Q., & Fitriana. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. Nadia Nuris Zahroa, Naili Ziana Zakiyahb, Fatmawatic, Ani Qotuz Zuhro’ Fitriana, 01(2), 215–219. http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs

Zuroida, N. C. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Sikap Bullying Siswa Kelas IX B SMP Wardhani Surabaya. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 207–216.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v6i2.13547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats