Integrasi Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Strategi Anti-Bullying

Siti Rahma Wulan Muin, Akhmad Fajar, Hardi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas integrasi teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok sebagai upaya preventif dan korektif terhadap perilaku bullying di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur sistematis, penelitian ini menganalisis 11 artikel ilmiah yang relevan dari rentang tahun 2015–2025, yang diseleksi melalui model PRISMA. Hasil observasi menunjukkan bahwa bullying merupakan masalah krusial di sekolah dengan dampak multidimensi, dipengaruhi oleh faktor individu, keluarga, sosial, dan sekolah. Layanan bimbingan kelompok berperan penting sebagai media pembelajaran sosial, memungkinkan internalisasi nilai moral secara efektif. Teknik sosiodrama, sebagai intervensi inovatif yang melibatkan pementasan situasi sosial, terbukti mampu meningkatkan empati, keterampilan interpersonal, dan kesadaran siswa tentang dampak bullying. Implementasi sosiodrama melalui tahapan pembukaan, penyusunan skenario, pementasan, refleksi, dan penarikan makna, menciptakan proses belajar yang partisipatif dan mendalam. Studi ini menyimpulkan bahwa sosiodrama sangat efektif dalam menurunkan intensitas bullying serta membentuk nilai anti-kekerasan, menjadikannya strategi yang direkomendasikan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan inklusif

Keywords


Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Bullying

Full Text:

PDF

References


Alisyahbana, Issac Briyan, Endang Pudjiastuti Sartinah, Mochammad Nursalim, dan ... “Meningkatkan Kesadaran Anti-Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa SMA Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS.” PEMODELAN: Jurnal … 8 (2021): 88–108. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/771%0Ahttp://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/771/580.

Almizri, Wahyu, Firman Firman, dan Yeni Karnali. “Konseling Kelompok Berbasis E-Book dengan Contingency Contracting untuk Mengurangi Bullying di Pondok Pesantren Remaja Kalangan.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16, no. 4 (2024): 4779–89. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5940.

Habsy, Bakhrudin Semuanya. “MODEL BIMBINGAN KELOMPOK POLA PIKIR PEMECAHAN MASALAH ( PPPM ) UNTUK MENGEMBANGKAN PIKIRAN RASIONAL” 2, no. Endraswara 2010 (2017): 91–99.

Hartuti. “Peningkatan Kesadaran Anti-Bulying Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.” Jurnal Riset Daerah XXII, no. 2 (2022): 1412–8519.

Kurniawan, Drajat Edy, dan Taufik Agung Pranowo. “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Perilaku Bullying.” Jurnal Fokus Konseling 4, no. 1 (2018): 126. https://doi.org/10.26638/jfk.499.2099.

Gila, Guillaume. “Tinjauan Pustaka Sistematis: Sebuah Pengantar.” Prosiding Masyarakat Desain: Konferensi Internasional tentang Desain Rekayasa 2019-Agustus, no. AGUSTUS (2019): 1633–42. https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169.

Mahyatun, Baiq. “Pencegahan Perundungan Melalui Konseling Kelompok” 178, no. ICoIE 2018 (2018): 71–74. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.17.

Maisunah. “LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA” 2, no. 1 (2021): 87–99.

Nasution, Nani Barorah, dan Sami Sarah Samosir. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Pelaku Bullying Siswa.” Konseling dan Psikologi Indonesia 1, no. 2 (2021): 1. https://doi.org/10.24114/icp.v1i2.25765.

Rama, Sultani, dan Laelatul Anisah. “BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MARTAPURA” 5 (2020): 91–94.

Ratnita, Lale. “Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Praya Barat Daya” 9, no. 1 (2018): 12–16.

Rethlefsen, Melissa L, Shona Kirtley, Siw Waffenschmidt, Ana Patricia Ayala, David Moher, Matthew J. Page, Jonathan B. Koffel, dan Prisma-S Group. “PRISMA-S: perluasan Pernyataan PRISMA untuk Pelaporan Penelusuran Literatur dalam Tinjauan Sistematis.” Hematologi dan transfusi darah , 2021, 2–19. https://doi.org/10.1007/978-3-642-71213-5_65.

Sadeli, Rahmat Dwi Putra, dan Yeni Karnali. “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pelatihan Asertif untuk Mengurangi Kecemasan Korban Perundungan di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Sains Multidisiplin Indonesia 2, no. 3 (2022): 2086–92. https://doi.org/10.55324/ijoms.v2i3.304.

Sapitri, Y, T Umari, dan E Yakub. “Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Perilaku Bullying.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023): 20534–40. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9525%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9525/7764.

Seimbiring, Anggun Putri Dewantari, dan Ali Daud Hasibuan. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying.” Al-Tazkiah 12, no. 1 (2023): 1–14. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v12i1.7016.

Syalafiah, Marinda, dan Irmayanti Rima. “Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Menerangkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 3, no. 3 (2020): 80–88. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.4908.

Zahara, Rifqi Aulia, Dahlia Novarianing, dan Zaini Imron Susilo. “Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama” 3, no. 3 (2024): 75–81.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v7i2.17035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats