Analisis Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autisme

Khodijah Ratu Qistina, Yahdinil Firda Nadirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam implementasi peran orang tua dalam dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autisme. Anak dengan autisme mengalami gangguan perkembangan neurologis yang memengaruhi kemampuan komunikasi, interaksi sosial, minat, dan perilaku. Mereka sering menunjukkan kesulitan mempertahankan kontak mata, sensitif terhadap rangsangan sensorik, mengalami hambatan berbicara, dan kesulitan memahami pesan verbal maupun nonverbal. Kondisi ini menyebabkan anak autisme menghadapi tantangan besar dalam menjalin hubungan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar, baik dengan teman sebaya, guru, terapis, maupun keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autisme melalui strategi, pendekatan, dan pola pengasuhan di lingkungan rumah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara langsung dengan informan yang telah memberikan persetujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran sentral sebagai fasilitator, motivator, dan model dalam perkembangan sosial anak autisme. Melalui penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) dan terapi bermain, orang tua dapat membantu anak meningkatkan kemampuan komunikasi, melatih interaksi timbal balik, dan mengembangkan keterampilan sosial dasar dalam rutinitas sehari-hari. Penelitian menyimpulkan bahwa keterlibatan aktif orang tua, kolaborasi dengan tenaga profesional seperti guru, psikolog, dan terapis, serta penerapan strategi yang konsisten dan terstruktur menjadi kunci keberhasilan dalam membantu anak autisme mengembangkan kemampuan interaksi sosial dan beradaptasi dalam masyarakat.

Keywords


Autisme, Interaksi Sosial, Terapi, Peran Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Adwiah, Amalia Rabiatul, dan Khamim Zarkasih Putro. “Penerapan Terapi Bermain dalam

Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis di Rumah Terapi ABK.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol. 10, No. 04, Desember 2024: 177–178.

Endang Yuswatingsih, “Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis,” Hospital Majapahit, Vol. 13, No. 2 November 2021: 30.

Fernando, Frendi. “Bimbingan dan Layanan Terapi pada Anak Autis.” QALAM: Jurnal

Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1, Mei 2021: 61.

Jessy, Mareyke, dan Noviana Diswantika. “Efektivitas Terapi Applied Behavior Analysis

(ABA)…” Hospital Majapahit. Vol. 13, No. 2, November 2021: 40.

Maharani, Anisa, dan Yahdinil Firda Nadhirah. “Analisis Karakteristik Anak Autisme (Anak Berkebutuhan Khusus) di SKH 01 Kota Serang.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas

Mandiri. Vol. 10, No. 04, Desember 2024.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v7i2.18156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats