Pengaruh bimbingan kelompok dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa dalam perspektif islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penyesuaian siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dan penyesuaian siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok tekhnik asertif, pengaruh penyesuaian siswa yang memiliki efikasidiri tinggi dan penyesuaian diri siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah, dan interaksi bimbingan kelompok terhadap efikasi diri untuk mempengaruhi penyesuaian diri. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Siabu yang terdiridari dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelompok eksperimen diterapkanBKp permainan simulasi dan kelas kedua sebagai kelompok kontrolditerapkan BKp asertif. Instrumen yang digunakan dalam apenelitian ini yaitu kuesioner penyesuaian diri dan efikasi diri. Data dianalisis qmenggunakan ANAVA dua jalur dengan signifikansi 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya perbedaan bimbingan kelompok tekhnik permainan simulasi dan tekhnik asertif terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa ada peningkatan nilai signifikan yaitu 0,00<0,05maka bisa disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak atau menerimaberada pada taraf 5%. Kedua, ada peningkatan nilai yang signifikan terhadap penyesuaian diridengansignifikansi nilai 0,00>0,05 maka pengujian hipotesis diperoleh hasilyangmenerima Haatau menolakH0memiliki nilai alpha 5%, sehingga dapat disimpulkanadanya pengaruh efikasi diri terhaap penyesuaian diri siswa. Ketiga, interaksi terhadapbimbingan kelompok dan efikasi diri memiliki pengaruhsignifikan terhadap penyesuaian diri yang dibuktikandengan nilai 0,00< 0,05. Makahasil pengujian hipotesisyang menolak H0 atau menerima Hadapat disimpulkan pada taraf 5%.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri, Penyesuaian Diri, Perspektif Islam
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian : Jakarta , Rineka Cipta
Ali & Asrori. 2011. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta didik. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Astute, P.R. 2008. Meredam Bullying : 3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta : PT Grasindo.
Samuel, T. Glading. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Jakarta : Indeks
Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Latipun. 2006. Psikologi Konseling.Malang : Universitas Muhammadiyah
Meimunah S. moenada. 2011. Bimbingan konseling dalam perspektif Al-qur’an dan Hadist. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim
Nurhidayah. 2019. Bimbingan Konseling Dalam Perpsektif Islam (Skripsi) IAIN Palopo
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia
Prayitno. 2004. Layanan L1-L9 .Padang : Universitas Negeri Padang
Romlah, Tatik. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok , Universitas Negeri Malang
Santrock, W. John. 2011. Masa Perkembangan Anak : Children Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Sarwono, W. Sarlito. 2009. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo
Sugiyono. 2013. Metode penelitian dalam pendidikan (Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukardi, Ketut Dewa. 1995. Proses Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Sukardi, Ketut Dewa. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Kepribadian , Jakarta : Rajawali Perss
Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta : Raja Grapindo Persada
Winkel, W.S & Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi
DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.5815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats